4 Cara Mempromosikan Produk di Sosmed!
Siker.id | 12 Jul 2022 14:25


Bagikan ke
Cara Mempromosikan Produk di Sosmed (siker)

siker.id – Memasarkan produk melalui sosial media adalah cara efektif dan efisien untuk menghemat biaya iklan. Bagaimana tidak? Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya dan tenaga secara besar, lho. Kamu tinggal mengolah konten produkmu dan kamu bisa sharing sebanyak mungkin platform media sosialmu.

Kamu bisa gunakan Youtube, Instagram, Facebook bahkan TikTok. Semua bisa kamu lakukan. Tapi, kamu wajib tahu ini cara mempromosikan produk kamu ya, sobat siker! Yuk, simak 4 cara promosi produk melalui sosial media!

Baca Juga: 5 Media Sosial Terbaik Untuk Promosi Bisnis

Target dan Jenis Media Sosial

Hal pertama yang bisa kamu lakukan sebelum memulai memasarkan produk di media sosial adalah riset. Ya, kamu bisa meriset terkait target pemasaran dan jenis media sosial yang akan digunakan. Dengan begitu, pemasaranmu akan lebih efektif dan produk yang kamu jual bisa laku keras.

Misalnya, saat kamu menjadi penjual barang-barang hypebeast, targetkan pemasaranmu kepada anak-anak muda yang tinggal di kota besar dan gunakan instagram sebagai medianya. Sebab, biasanya orang-orang yang suka dengan hypebeast pasti akan lebih aktif di instagram.

Sedangkan, sosial media sepeti Facebook biasanya lebih efektif jika target pasarnya berasal dari kalangan yang lebih berumur termasuk generasi boomer. Beda karakter pengguna sosial media bisa dijadikan acuan untuk menentukan mana yang paling tepat sebagai cara memasarkan produk milikmu.

Bikin Profil Unik

Profil sosmed akan menjadi “wajah” dari produk yang akan dipasarkan. Karena itulah, penting untuk membuat profil sosmed yang menarik, baik dari sisi tampilan visual maupun kalimat. Profil sosmed akan menjadi hal pertama yang dilihat oleh audiens. Jika tidak ada hal unik dan berbeda dari produk atau merek lain, mereka mungkin tidak akan mengikuti atau berkunjung kembali ke sosmed kamu.

Baca Juga: 4 Tanda Oversharing Di Media Sosial

Lakukan Interaksi yang Menyenangkan

Komplain atau komentar konsumen yang muncul melalui sosmed mungkin tidak menyenangkan untuk diterima. Namun, kamu harus tetap menghargai interaksi yang ada. Berikan tanggapan yang ramah hingga konsumen senang.

Sebaiknya kamu bersikap ramah di sosmed agar mereka juga melihat cara interaksi kamu. Jika mereka menyukainya, kamu akan mendapatkan lebih banyak dukungan sehingga produk atau brand yang dimiliki akan semakin berkembang.

Memperbanyak Pengikut

Kamu bisa mengibaratkan media sosial sebagai pasar atau lapak jualan. Semakin banyak jumlah teman atau pengikut, maka semakin besar pula kemungkinan barang yang kamu tawarkan laku. Namun kamu juga perlu menganalisis apakah target pasar kamu telah sesuai dengan barang yang ditawarkan?

Misalnya, kamu memasarkan barang berupa lipstik, maka kamu harus memperbanyak teman atau pengikut perempuan, kemudian pastikan pula bahwa mereka merupakan orang-orang yang memang suka mengenakan lipstik.

Nah, itu 4 Cara Mempromosikan Produk di Sosmed yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Strategi Sosial Media Marketing dalam Menghadapi Krisis

 


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar