4 Cara Makmur Setelah Pensiun!
Siker.id | 12 Jul 2022 08:40


Bagikan ke
Cara Makmur Setelah Pensiun (siker)

siker.id – Siapa sih, yang ga pengen ketika udah memasukki masa pensiun kerja hidupnya lebih mudah dan bahagia? Siapa juga yang tak ingin mempunyai jaminan pasti ketika kita sudah menua? Pastinya dong, semua dari kita berharap hari tua nanti kita mendapatkan kesejahteraan yang layak atas hasil jerih payah bekerja selama ini.

Maka dari itu, mulai dari sekarang kamu harus persiapkan hal-hal ini ya, sobat siker!

Baca Juga: Inilah 3 Keuntungan Pensiun Dini

Menabung adalah Kunci

Mempersiapkan dana pensiun tidaklah segampang yang kamu kira. Kamu harus mampu untuk terus konsisten dalam menabung dan menyiapkan dana yang telah kamu lakukan di awal. Biasanya, seseorang perlu menyisihkan 10% dari penghasilannya untuk menabung. Salah satunya yakni untuk mempersiapkan dana pensiun ini.

Misalnya kamu memiliki penghasilan Rp 9 juta per bulan, maka kamu bisa menabung untuk dana pensiun minimal Rp1 juta per bulan. Hal ini tentunya juga perlu dilakukan secara terus menerus alias konsisten.

Investasi Jangka Panjang

Persiapkan betul untuk rencana investasi jangka panjangmu Kamu perlu membatasi sejumlah pengeluaran dengan melakukan penghematan biaya, seperti batasi kebiasaan makan di luar atau pengeluaran lainnya.

Pemilihan instrumen investasi yang tepat bisa kamu lakukan ketika sudah mengetahui berapa lama waktu yang kamu miliki sebelum memasuki masa pensiun.

Ada banyak jenis investasi jangka panjang yang bisa dipilih. Boleh saja berinvestasi di investasi konservatif seperti emas, tetapi akan lebih baik jika memilih investasi seperti saham, dana pensiun, atau reksadana.

Baca Juga: Pekerjaan Bagi yang Sudah Pensiun

Asuransi

Keadaan kesehatan acapkali menghadapi tantangan yang lebih besar ketimbang saat kita masih di usia muda. Akan lebih bijak bila kita mengamankan kebutuhan asuransi sejak dini. Contohnya, asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Mengapa harus dilakukan sejak sekarang? Semakin tua usia kita, premi asuransi akan semakin mahal. Dengan memiliki asuransi ketika kondisi masih sehat, kamu lebih leluasa memilih asuransi yang tepat sesuai dengan kondisi keuanganmu saat ini.

Banyak cerita di mana seseorang yang sudah berusia menjelang pensiun baru akan memiliki asuransi, menghadapi kesulitan mendapatkan asuransi yang tepat karena premi sudah sangat mahal. Maka, yuk persiapkan dari sekarang!

Buat Usaha Sampingan

Apabila penghasilan dari pekerjaan utamamu saat ini dirasa kurang, kamu bisa mencari karir dan penghasilan yang lebih baik lagi. Jalan lain adalah dengan mencari pekerjaan tambahan untuk menambah penghasilan.

Usaha sampingan ini jangan sampai mengganggu pekerjaan utama agar kamu tetap bisa bekerja secara profesional. Jangan ambil usaha sampingan yang memberatkan. Ambil saja pengalamannya. Sebab kelak ketika kamu pensiun, usaha sampingan tersebut tetap bisa kamu lanjutkan. Jadi, jangan hanya pengeluaran yang dihemat, pemasukan juga harus ditambah ya, sobat siker.

Nah, itu tadi 4 Cara Makmur Setelah Pensiun yang dapat kamu pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Ini Hal yang Harus Dilakukan saat Kena PHK


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar