4 Cara Mempertahankan Pelanggan Bisnismu!
Siker.id | 11 Jul 2022 09:30


Bagikan ke
Memertahankan Pelanggan (siker)

siker.id – Berbicara bisnis, tidak akan jauh dari konsumen atau pelanggan. Kenapa? Karena pelanggan adalah nyawa bisnis suatu perusahaan. Tanpa pelanggan setia, bisnis kamu mungkin tidak akan berkembang dari segi pemasukan. Nah, agar pelanggan kamu tidak berpindah tempat ke perusahaan atau toko lain, kamu juga harus mampu membuat mereka tetap merasa puas pada produk dan layanan yang kamu berikan, loh.

Sebab, apabila tingkat kepuasan pelanggan semakin tinggi maka kemungkinan besar konsumen akan terus datang untuk melakukan pembelian di perusahaan atau tokomu. Karena apa? kepuasan dan loyalitas pelanggan ialah salah satu faktor penentu kesuksesan dalam bisnis kamu, sobat siker.

Ini dia 4 cara agar pelanggan kamu tidak kemana-mana, sobat siker!

Baca Juga: 4 Cara Meninkatkan Loyalitas Pelanggan Usaha Anda

Beri Kesan Baik pada Pelangganmu

Ini langkah penting, lho, sobat siker. Pernah mendengar istilah “impresi pertama akan menentukan hari-hari berikutnya”? Yaps, betul banget. Kesan yang baik akan membuat hubungan pelanggan dengan bisnismu tetap berkelanjutan.

Berikan pelayanan dan kebutuhan mereka dengan baik dan perlakukan mereka layaknya saudara karena ketika kamu memperoleh ikatan emosional dengan mereka, produk yang kamu tawarkan pasti membuat mereka tertarik untuk membeli produk kamu lho, sobat siker!

Unggulkan Produkmu Dibanding Kompetitormu

Ya, ini juga cara penting agar pelanggan tetap mampir di kamu. Hal ini harus kamu perhatikan di awal, sebab sebagus apapun pelayanan yang kamu tawarkan, jika produk yang kamu miliki kurang dan tidak memiliki keunggulan dari kompetitor lain. Maka, kemungkinan pelanggan kamu akan berpindah tempat ke kompetitor lain yang memiliki kualitas produk lebih unggul dan bagus.

Baca Juga: 4 Manfaat Testimoni Pelanggan untuk Bisnis

Miliki Loyalty Program

Program loyalitas adalah suatu program khusus yang dibuat untuk memicu loyalitas pembeli. Cara ini memang cukup populer, kamu pun pasti pernah merasakan praktiknya secara langsung.

Contohnya, ketika kamu berkunjung ke minimarket, pasti kamu pernah ditawari untuk mendaftar program membership, bukan? Biasanya, imbalan yang ditawarkan berupa bonus poin atau potongan harga setiap kali berbelanja.

Cara tersebut adalah cara manjur untuk memicu pelanggan agar melakukan pembelian berulang karena mereka dapat tergoda dengan bonus yang ditawarkan tiap berbelanja.

Membuat Komunitas Pelanggan

Cara lain dalam mempertahankan pelanggan ialah dengan membuat komunitas yang berisikan orang-orang yang memiliki minat yang sama terhadap produk kamu.

Selain itu kamu juga bisa mengajak pelanggan baru untuk bergabung ke grup yang berisi pelanggan yang sudah loyal. Hal ini dapat membangun loyalitas pelanggan dan mendorong mereka untuk ikut loyal juga dengan produk kamu.

Nah, itu tadi 4 Cara Mempertahankan Pelanggan Bisnismu yang dapat kalian pelajari. Jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: 3 Tips Jitu Hadapi Konsumen Yang Menyebalkan

 

 

 

 


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar