5 Jenis Pelatihan Karyawan
Siker.id | 07 Jul 2022 12:00


Bagikan ke
Pelatihan Karyawan (siker)

siker.id – Perusahaan memerlukan karyawan yang mampu memberikan performa terbaiknya. Untuk itu, perusahaan wajib melakukan pelatihan kerja pada setiap karyawannya tanpa terkecuali. Hal ini tentu akan berimbas pada performa perusahaan secara keseluruhan. Menghasilkan SDM perusahaan yang memiliki wawasan dapat terwujud jika mampu memberikan berbagai training yang bermanfaat. Pelatihan yang diperuntukkan untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan kerap juga dapat dilakukan dengan bantuan dari para konsultan & pelatihan HRD profesional untuk mengetahui tren atau isu terhangat seputar dunia HR. Yuk, simak jenis pelatihan karyawan di bawah ini!

Baca Juga: Selain Pelatihan Berikut Cara Meningkatkan Kinerja Karyawan

1. Cross Functional Training

Pelatihan lintas fungsional merupakan pelatihan yang akan melibatkan para karyawan perusahaan agar mampu melakukan aktivitas pekerjaan pada bidang lain yang belum tentu dikuasai oleh mereka. Hal ini tentu saja sebagai langkah terobosan perusahaan dalam memperluas pengetahuan para karyawannya.

2. Pelatihan Tim

Memberikan pelatihan tim kepada SDM perusahaan merupakan hal yang sangat dianjurkan karena karyawan di dalam perusahaan tidak akan bekerja sendirian, mereka harus bisa menyelesaikan masalah atau pekerjaan secara tim agar dapat mencapai tujuan perusahaan.

Baca Juga: Sebelum Kerja Pahami Makna dan Jenis Pelatihan Kerja

3. Pelatihan untuk Naik Jabatan

Semakin tinggi jabatan, semakin besar juga tanggung jawab yang harus diemban. Karenanya, perusahaan harus menyediakan pelatihan SDM untuk mempersiapkan karyawan dalam menghadapi posisi kerja baru yang lebih penting. Pelatihan SDM ini bisa dilakukan sebelum promosi jabatan untuk melihat apakah karyawan sudah mampu dan siap mengemban posisi kerja yang baru.

4. Pelatihan Teknologi

Perkembangan teknologi semakin pesat, perusahaan seharusnya sadar bahwa terdapat teknologi yang mempengaruhi sistem kerja dalam perusahaan. Bila tidak bisa mengikutinya, maka sangat mungkin perusahaan akan mengalami ketertinggalan dan tidak akan berkembang. Oleh sebab itu, ketika menyadari bahwa pengaruhnya cukup besar, sebaiknya perusahaan memberikan sebuah pelatihan teknologi informasi kepada SDM di dalamnya agar tidak gagap teknologi atau gaptek. Dengan begitu, SDM akan bisa melakukan pekerjaan secara produktif, inovatif dan kreatif sesuai dengan tren teknologi.

5. Pelatihan Bahasa

Mengenai pelatihan bahasa, sebaiknya perusahaan mempertimbangkan jika ingin lebih berkembang. Jangan menutup mata dengan perbedaan bahasa, karena bisa saja pasar yang ditargetkan perusahaan adalah pasar luar negeri. Ditambah lagi klien atau rekanan perusahaan biasanya merekrut ekspatriat dari berbagai negara sebagai salah satu representatif perusahaannya, maka kemampuan bahasa asing jadi kunci keberhasilan dalam kelancaran komunikasi bisnis dan meraih peluang-peluang yang mungkin ada.

Nah, itu dia tadi 5 Jenis Pelatihan Karyawan yang dapat kamu pelajari ya, jangan lupa like, share, komen jika dirasa bermanfaat ya, sobat siker!

Baca Juga: Mengapa Perusahaan Perlu Pelatihan SDM buat Karyawannya?

 


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar