7 Marketing Mix
Siker.id | 06 Jul 2022 11:01


Bagikan ke
Marketing Mix (Siker)

siker.id - Saat ini dunia pemasaran begitu dinamis ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat setiap harinya, membuat tren pemasaran cepat berganti seiring dengan perubahan-perubahan yang terjadi di dunia bisnis. Karena itu, seorang marketer perlu untuk dapat adaptif pada tren yang terjadi di dunia marketing. Tak lupa hal yang fundamental dalam dunia marketing yakni, bauran pemasaran/marketing mix adalah kunci keberhasilan dalam memasarkan suatu produk. Nah, berikut marketing mix yang perlu kamu pelajari ya!

Baca Juga: 5 Trend Content Marketing yang Naik di 2022

1. Product (Produk)

Produk merupakan segala bentuk hasil usaha yang ditawarkan ke pasar untuk digunakan atau dikonsumsi sehingga bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan masyarakat. Selain membuat produk berkualitas dan unik, kamu juga perlu memperhatikan demand atau permintaan pasar dari produk tersebut jika ingin sukses menjalankan marketing mix ini.

Jangan sampai bisnis kamu hanya merupakan ide subjektif yang ternyata tidak terlalu dibutuhkan masyarakat. Maka dari itu, penting untuk melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari riset pasar, produk, hingga pesaing bisnis.

2. Price (Harga)

Harga di sini merujuk pada jumlah uang yang harus dibayarkan pelanggan untuk mendapatkan produk atau layanan bisnis kamu. Dalam penentuannya pun tidak boleh sembarangan jika tidak mau bisnis kamu mengalami kerugian.

Kesesuaian dalam penentuan harga penting agar calon pelanggan merasa bahwa pengorbanan mereka dalam mengeluarkan uang dan waktu, setara dengan manfaat yang akan didapat.

3. Place (Tempat)

Elemen selanjutnya dari marketing mix 7P adalah place atau tempat dimana bisnis dijalankan. Agar setiap aktivitas bisnis dapat dilakukan dengan lancar dan efektif, pilihlah tempat yang sesuai dengan produk atau layanan bisnis kamu.

Tempat yang strategis tentunya juga berperan penting dalam perkembangan suatu bisnis serta memberi efek yang signifikan.

Baca Juga: 3 Proses Penerapan Integrated Marketing Communication

4. Promotion (Promosi)

Strategi marketing mix ini berfokus pada masalah promosi bisnis, seperti bagaimana cara memasarkan produk, media apa yang digunakan, dan sebagainya. Promosi merupakan salah satu strategi marketing yang memiliki tujuan, antara lain:

a. Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru.

b. Mengomunikasikan produk baru.

c.Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas.

d. Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk.

e. Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk.

f. Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.

5. People (Orang)

Elemen lain yang tak kalah penting adalah orang atau sumber daya manusia. Bagaimana kamu menempatkan orang atau menentukan struktur organisasi dapat menjadi faktor penentu kemajuan atau kemunduran suatu perusahaan. Oleh karena itu, tak heran jika banyak perusahaan yang berlomba-lomba mencari kandidat terbaik untuk diperkejakan.

6. Physical Evidence (Tampilan Fisik atau Kemasan)

Umumnya, pelanggan saat pertama kali mengenal produk akan memperhatikan tampilan kemasan terlebih dulu sebelum isi dari produk tersebut. Itulah kenapa tampilan fisik dengan visual menarik dapat berpengaruh pada peningkatan penjualan bisnis kamu.

Tak hanya dalam produk berupa barang, visual dari desain atau interior tempat bisnis kamu juga akan mempengaruhi perasaan pelanggan yang datang. Suasana nyaman dan menyenangkan tentunya memberi pengalaman positif dan dapat menjadi nilai plus.

7. Process (Proses)

Merujuk pada bagaimana alur, prosedur, atau mekanisme perusahaan dalam memberikan produk atau layanan. Proses tersebut berlaku mulai dari pertama kali pelanggan mengenali produk hingga melakukan pembelian.

Di atas merupakan informasi mix 7P yang wajib kamu ketahui, khususnya apabila kamu seorang pelaku bisnis. Jadi, tertarikkah kamu menerapkan strategi pemasaran berikut? Jika iya, jangan lupa terapkan hal-hal tadi, ya!

Baca Juga: 6 Strategi Jitu Penerapan Affiliate Marketing


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar