5 Prinsip Etika Bisnis
Siker.id | 06 Jul 2022 08:34


Bagikan ke
Prinsip Etika Bisnis (Siker)

siker.id – Tau ga sih? Dalam menjalankan bisnis, perusahaan tentu berhubungan dengan para stakeholder seperti, investor, pelanggan/konsumen, pemerintah setempat hingga internal perusahaan termasuk sumber daya manusia di dalamnya. Penting untuk bisa membangun hubungan yang baik di antara para stakeholder tersebut karena dengan memiliki relationship yang bagus, tentu akan membawa kemajuan perusahaan dalam jangka panjang. Maka dari itu, setiap entitas bisnis perlu memiliki etika berbisnis yang baik dan benar. Berikut 5 prinsip etika bisnis yang dapat kamu pelajari dan terapkan ya, sobat siker!

Baca Juga: 5 Etika Bahasa Bisnis Menjaga Hubungan Tetap Profesional

1. Prinsip Integritas Moral

Penerapan integritas moral ini harus dilakukan kepada seluruh lapisan yang ada di perusahaan. Integritas yang tinggi membuat kepercayaan masyarakat bertambah begitu juga sebaliknya kalau ada satu atau beberapa orang dari perusahaan kamu yang melakukan hal yang bertentangan dengan moral maka semua bagian dalam perusahaan akan terkena imbas buruknya.

2. Prinsip otonomi etika bisnis

Prinsip otonomi dalam etika bisnis adalah kemampuan dan sikap seseorang dalam mengambil tindakan dan keputusan berdasarkan kesadarannya sendiri tentang apa yang menurutnya baik yang dapat dilakukan. Jika masyarakat sadar akan kewajibannya dalam berbisnis, maka dikatakan orang tersebut telah memiliki prinsip otonomi dalam etika bisnis.

Baca Juga: Perhatikan 3 Etika Saat Meeting Di Kantor

3. Prinsip etika bisnis yang saling menguntungkan

Pelaku usaha harus menjalankan usahanya dengan sebaik-baiknya agar semua pihak yang terlibat dapat memperoleh keuntungan. Seperti halnya asas keadilan, asas memberi manfaat juga bertujuan untuk mencegah hanya satu pihak yang memperoleh manfaat.

Misalnya, pengusaha harus memberikan harga barang yang sebenarnya kepada konsumen dan memberikan pelayanan sebaik mungkin untuk memberikan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, prinsip saling menguntungkan harus dipegang teguh.

4. Prinsip Keadilan

Prinsip keadilan ini berhubungan erat dengan hak untuk diperlakukan sama sesuai dengan peraturan yang berlaku. Perusahaan tidak boleh bertindak diskriminatif kepada pihak-pihak yang berkonstribusi serta terlibat dalam aktivitas usahanya.

Jika prinsip keadilan ini bisa berjalan dengan baik maka dampaknya sangat bagus bagi perusahaan. Keadilan yang dirasakan oleh semua elemen akan mendorong mereka untuk bekerja lebih keras demi keberhasilan perusahaan.

5. Prinsip Kesetiaan

Yang dimaksud dengan prinsip kesetiaan adalah bahwa seluruh elemen dalam perusahaan baik bawahan hingga atasan tidak seharusnya mencampuradukan urusan bisnis dengan urusan pribadi. Dengan begitu maka semua orang di dalam manajemen bisa melakukan pekerjaan secara serius dan fokus supaya visi dan misi perusahaan bisa tercapai.

Nah, itu dia tadi prinsip etika bisnis yang dapat kamu terapkan ya, jangan lupa share jika dirasa bermanfaat dan komen di bawah jika kamu ingin memberikan opinimu, sobat siker!

Baca Juga: 4 Etika Resign Yang Baik Dari Pekerjaanmu


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar