4 Tips Sebelum Resign Pekerjaan
Siker.id | 05 Jul 2022 12:00


Bagikan ke
Resign Kantor (Siker)

siker.id – Resign atau keluar dari perusahaan karena kamu tidak suka akan pekerjaan yang kamu jalani menjadi hal yang genting ketika kamu benar-benar ingin keluar dari suatu perusahaan tersebut. Sebuah studi yang dilakukan di UK menemukan bahwa hampir 60% karyawan tidak suka dengan posisi mereka saat ini. Mengakui bahwa pekerjaan kamu adalah mimpi buruk artinya kamu siap untuk mengambil tindakan untuk mengubah keadaan saat ini. Jika keputusanmu untuk meninggalkan pekerjaan saat ini sudah bulat, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum kamu resign kerja dan memulai petualangan baru di tempat lainnya. Yuk, simak apa saja tipsnya!

Baca Juga: 3 Kultur Kantor Yang Buat Karyawan Resign

1. Siapkan rencana karier ke depan setelah resign

Jika sudah memiliki alasan yang logis mengapa harus resign dari kantor, kamu juga harus memiliki rencana yang matang setelahnya. Semua harus terencana dengan jelas agar setelah resign ada hal yang harus dilakukan.

Menyusun rencana merupakan hal yang wajib disusun sebelum kita melakukan sesuatu, gak hanya karier tapi semua aspek dalam kehidupan. Rencana yang matang akan membuatmu terus berjalan untuk mencapai tujuan. Sebaliknya, jika kamu gak punya rencana yang jelas, kamu akan merasa hilang arah dan gak tau harus melakukan apa. Dengan begitu, waktumu yang berharga akan terbuang sia-sia.

2. Beri Tahu Atasan

Jangan sampai atasan kamu tahu tidak tahu rencana resignmu bahkan memperoleh informasi resignmu dari orang lain. Ini akan menimbulkan kesan buruk pada diri kamu sendiri. Atasan akan merasa dikhianati atau diperlakukan dengan tidak hormat.

Baca Juga: 4 Hal yang Tidak Ditulis dalam Surat Resign

3. Dana Darurat

Pastikan kamu sudah menyisihkan dana darurat dari penghasilan bulanan selama ini. Setidaknya kamu menyiapkan 3-6 bulan gaji untuk berjaga-jaga supaya masa menganggur kamu tidak begitu memberatkan orang lain. Kamu pun bisa lebih santai menikmati waktu tersebut sembari mencari pekerjaan yang cocok dengan kemampuan dan latar belakang. Agar profil profesionalmu tampak lebih keren lagi, mintalah testimoni atau rekomendasi rekan kerja sebelum resign.

4. Minta dan Berikan Rekomendasi Rekan Kerja

Menurut The Balance Careers, ada manfaatnya jika kamu pun menulis opinimu tentang kinerja rekan kantormu juga. Mintalah pada semua orang yang pernah bekerja denganmu termasuk pelanggan jika ada. Hal ini bisa membuatmu lebih cepat mendapatkan pekerjaan baru.

Baca Juga: 4 Etika Resign Yang Baik Dari Pekerjaanmu


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

TAG :

Komentar