Tips Fresh Graduate Memperoleh Pekerjaan
Siker.id | 05 Jul 2022 10:20


Bagikan ke
Fresh Graduate (Siker)

siker.id – Menjadi seorang fresh graduate adalah hal yang lazim terjadi seusai kamu lulus dari dunia perkuliahan atau sekolah. Tidak sedikit fresh graduate yang ingin segera memperoleh pekerjaan setelah lulus karena semakin lama menganggur tentu akan menjadi beban tersendiri. Meski ada banyak jenis pekerjaan yang tersedia untuk lulusan baru, tetapi pesaing yang cukup banyak seringkali membuat sebagian orang kurang percaya diri.

Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa lakukan tips mencari kerja di bawah ini!

Baca juga: 3 Harapan dari Fresh Graduate yang Tak Sesuai Realita

1. Mengenali Potensi Diri

Tidak semua lulusan mengetahui apa keinginan dan kemampuannya setelah belajar selama 4 tahun di dunia perkuliahan. Oleh sebab itu, penting untuk fresh graduate memanfaatkan waktu setelah lulus kuliah untuk mencari tahu apa saja bidang yang paling kamu sukai dan antusias untuk kamu kerjakan.

Bidang tersebut tidak harus berhubungan dengan jurusan kuliah, karena kamu bisa tingkatkan skill dengan belajar sendiri atau mengikuti kelas profesional. Setelah bidang sudah ditentukan, mulailah untuk mempersiapkan mendalaminya.

2. Gunakan CV yang Sesuai

Seperti yang disampaikan Live Career, pekerjaan-pekerjaan entry level atau tahap awal karir pada umumnya memiliki banyak pelamar. Kamu harus bersaing dengan ribuan orang lainnya untuk mendapatkan kesempatan bekerja. Oleh karena itu, penting buat kamu membuat CV terbaik sesuai dengan kualifikasi perusahaan yang ditawarkan karena CV yang kuat adalah modal utama dalam melamar.

Baca juga: 4 Kontrak Kerja Yang Harus Di Pahami Fresh Graduate

3. Maksimalkan Aplikasi Pencari Pekerjaan

Berbeda dengan zaman dahulu, saat ini mencari pekerjaan tidak hanya dilakukan secara offline saja, tapi juga bisa menggunakan beberapa website atau aplikasi pencari kerja secara online. Hal ini tentu merupakan keuntungan buat kamu karena melamar pekerjaan sekarang sudah sangat mudah.

Beberapa situs resmi dan aplikasi tersebut akan memberikan informasi dengan gampang tentang kriteria apa saja yang sedang dicari oleh perusahaan tersebut dan pekerjaan apa yang cocok dengan pelamar. Cukup dengan membuat akun, kamu bisa mendapatkan notifikasi apabila ada pekerjaan yang baru dibuka untuk fresh graduate. Mudah bukan?

4. Manfaatkan Relasi Sebanyak Mungkin

Setelah lulus, jangan sungkan bertanya kepada saudara atau teman yang sudah bekerja. Cari tahu seputar informasi lowongan pekerjaan yang mungkin sedang dibuka. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan relasi teman semasa kuliah yang sudah bekerja atau memiliki relasi dengan sebuah perusahaan.

5. Tingkatkan Skills

Tips yang bisa bermanfaat dalam proses melamar kerja bagi fresh graduate selanjutnya adalah tentang keahlian dalam bekerja. Pasalnya, menurut CNBC, perusahaan bukan hanya mencari hard skill, tetapi juga kamu membutuhkan soft skill. Bahkan, tak jarang perusahaan mengedepankan hal ini dibanding hard skill seorang fresh graduate. Beberapa soft skill yang dapat kamu tunjukkan untuk menunjang pekerjaan adalah leadership, kecerdasan emosional, berpikir kritis, pemecahan masalah, dan dan public speaking.

Baca juga: 3 Rekomendasi Podcast Untuk Fresh Graduate Simak


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar