7 Jenis Program CSR Perusahaan
Siker.id | 05 Jul 2022 14:05


Bagikan ke
CSR Perusahaan (Siker)
ARTIKEL TERKAIT

siker.id – Menjalankan suatu perusahaan pastinya akan melibatkan berbagai pemangu kepentingan, diantaranya adalah pemegang saham, karyawan, konsumen, pemerintah, hingga masyarakat umum. Setiap kegiatan operasional yang dilakukan harus dipertanggungjawabkan kepada setiap stakeholder tersebut. Corporate Social Responsibility atau CSR adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban yang wajib dilakukan oleh pihak perusahaan kepada pihak sekitarnya melalui program yang bermanfaat.

Lalu bagaimana contoh program CSR yang dapat dijalankan perusahaan? Berikut jawabannya!

Baca juga: 3 Aktivitas Sosial yang Dilakukan Secara Online

1. Rehabilitasi Alam

Perusahaan memiliki tanggung jawab besar terhadap kelestarian alam. Utamanya bagi perusahaan produsen limbah. Contoh kegiatan rehabilitasi alam yang dapat dilakukan antara lain reboisasi/ penghijauaan hutan, pemberian bibit tanaman produktif, penanaman bakau, dan lain-lain.

2. Pengelolaan limbah berwawasan lingkungan berkelanjutan

Pengelolaan limbah berwawasan lingkungan dapat dilakukan sebagai bentuk CSR. Hal ini diharapkan dapat meminimalkan efek racun dari limbah. Dengan demikian, limbah tidak menimbulkan kerusakan ekosistem sekitar saat dibuang.

3. Budaya kerja ramah SDM

CSR dapat dilakukan dengan menciptakan budaya kerja yang ramah bagi Sumber Daya Manusia atau SDM. CSR ini dapat berupa penanam nilai dan sikap. Sehingga SDM memiliki karakter yang baik.

Baca juga: 5 Media Sosial Terbaik Untuk Promosi Bisnis

4. Penyediaan Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan, dukungan kesehatan dan juga beberapa support terkait kesehatan fisik dan mental kerap digarap oleh program CSR. Bahkan saat musibah pandemi melanda, banyak perusahaan yang mengadakan vaksin gratis untuk masyarakat. Ini adalah wujud kepeduluan perusahaan.

5. Program Pendidikan

Pondasi masa depan bangsa adalah pendidikan. Melalui pendidikan, masa depan bangsa bisa dimajukan karena hal itu mampu mengubah pola pikir dan cara hidup seseorang. Beberapa program pendidikan diantaranya adalah pembuatan sekolah / pondok pesantren / rumah mengaji / perpusatakaan, pendampingan kegiatan belajar mengajar sekolah, pendampingan mutu pendidikan, bantuan sertifikasi dan pelatihan guru, bantuan alat belajar mengajar.

6. Perhatian pada Bidang Sosial dan Agama

Permasalahan sosial dan agama juga diperhatikan oleh beberapa praktisi CSR. Pengajian misalnya, banyak juga perusahaan yang ikut andil dalam mendukung pengajian. Bantuan berupa dukungan dana untuk kegiatan hingga pembuatan acara bertajuk sosial keagamaan sering dilakukan oleh pelaku CSR.

7. Filantropi

Filantropi merupakan aktivitas kemanusiaan guna menolong orang yang membutuhkan. Mulai dari penggalangan dana lewat donasi, membuka kampung wirausaha, bantuan dana UMKM, dan bentuk pendampingan lainnya yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat di sekitar perusahaan.

Baca juga: 4 Tanda Oversharing Di Media Sosial


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar
ARTIKEL TERKAIT
Pencarian