5 Sikap Integritas dalam Bekerja
Siker.id | 05 Jul 2022 09:05


Bagikan ke
Integritas dalam Bekerja (Siker)

siker.id – Dunia pekerjaan tidak membutuhkan orang pintar saja dalam bekerja tetapi juga memilki pekerja yang berintegritas adalah bentuk profesionalitas utama. Hal tersebut memang benar adanya, sebagai pekerja kamu perlu mempunyai integritas dalam bekerja, sobat karir. Nah, berikut beberapa tips yang dapat kamu gunakan.

Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa lakukan tips mencari kerja di bawah ini!

Baca juga: 4 Tips Semangat Bekerja

1. Selalu Siap untuk Bekerja

Tahukah kamu jika pekerja dengan integritas adalah dengan saling mendukung dan membantu? Sebagai contohnya, kamu bertanggung jawab untuk menghubungi talent untuk mempromosikan produk perusahaanmu. Deadline sudah semakin dekat, sedangkan bagian marketing sedang terlihat stres karena produk yang tidak lengkap.

Hanya duduk dan beranggapan bahwa itu bukan tugas kamu, tidak menunjukkan integritas. Kamu bisa menanyakan apakah mereka perlu bantuanmu. Sedikit perhatian yang kamu berikan seperti membuat kopi atau membelikan cemilan, dapat membantu mereka tetap semangat.

2. Selalu patuhi peraturan perusahaan

Seseorang yang berintegritas pastinya juga akan selalu mematuhi segala peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang dikeluarkan oleh perusahaan. Kamu harus paham dan ingat bahwa kebijakan perusahaan dikembangkan untuk kebaikan karyawan serta meningkatkan profesionalisme. Oleh karena itu, coba pahami apa saja aturan dari perusahaan dan selalu patuhi peraturannya ya, sobat karir!

3. Membela hal yang benar

Membela hal yang benar walaupun beresiko adalah bentuk integritas kamu sebagai karyawan. Terlebih lagi jika hal tersebut berdampak negatif pada bisnis atau karyawan. Sebagai contoh, kamu melihat beberapa rekanmu mengeluarkan kata-kata yang bersifat seksual dan ditujukan kepada seseorang, sebagai bahan candaan. Kamu bisa menegur mereka secara langsung bahwa candaan mereka tidak pantas. Jika berlanjut, kamu bisa melaporkannya kepada atasan, manajer atau supervisor di timmu.

Baca juga: Hari Pertama Bekerja, Apa yang Harus Dilakukan?

4. Bertanggung jawab atas kesalahan

Cara selanjutnya untuk menunjukkan integritas adalah dengan berani mengakui, dan bertanggung jawab atas kesalahan yang kamu perbuat. Tidak perlu takut untuk mengakui kesalahan karena pada dasarnya manusia pasti pernah berbuat salah. Mengakui dan bertanggung jawab atas kesalahan menunjukkan bahwa kamu jujur dan terbuka terhadap masukan yang membangun. Kedua sifat ini umum dimiliki bagi orang-orang dengan tingkat integritas kerja yang tinggi.

5. Menghormati Pendapat Orang Lain

Menghormati pendapat orang lain adalah salah satu bentuk integritas. Hal yang satu ini juga harus kamu lakukan saat berada di tempat kerja. Saat berdiskusi, jangan pernah memaksakan kehendak agar orang lain menuruti pendapat kita. Hal itu membuat kita terlihat egois dan tidak kompeten.

Menurut Forbes, menerapkan integritas dalam bekerja bisa dilakukan dengan menghormati pendapat yang diberikan oleh orang lain. Bahkan, seharusnya kita mendorong agar setiap orang mau memberikan pendapat dan ide demi kemajuan perusahaan.

Baca juga: 3 Dampak Buruk Bekerja Lembur

 


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar