4 Tips Mengelola Gaji
Siker.id | 04 Jul 2022 16:42


Bagikan ke
Gaji

siker.id – Mendapatkan gaji dari pekerjaan tentu hal yang sangat menyenangkan bukan? Yaps, pastinya bakalan membuat hatimu bahagia. Tapi ingat ya, kamu perlu mengelola gaji dengan benar supaya pengeluaran yang kamu lakukan bisa terkontrol. Berikut 4 tips mengelola gaji yang benar:

Baca Juga: 4 Etika dalam Meminta Kenaikan Gaji Kerja

1. Sisihkan untuk Menabung

Salah satu cara bijak untuk mengatur gaji adalah menyisihkan uang gaji untuk menabung.

Besaran gaji yang kamu tabung jumlahnya bisa kamu sesuaikan dengan keperluanmu yang lain. Akan lebih baik jika kamu bisa menyisihkan dalam jumlah agak banyak agar biaya pengeluaran pribadimu bisa kamu tekan.

2. Buat Daftar Kebutuhan

Ingat, kebutuhan bukan keinginan. Berarti di sini kamu harus mementingkan untuk membeli barang-barang kebutuhanmu yang sudah habis dan harus diisi ulang stoknya. Biasanya untuk mereka yang bekerja sambil ngekos, pasti punya daftar barang-barang yang masuk daftar belanja bulanan terutama barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Buat kamu yang masih tinggal bareng orang tua, pastilah punya kebutuhan barang pribadi walaupun tak sebanyak mereka yang ngekos. Daftar kebutuhan ini harus kamu buat sedetail-detailnya. Kamu juga harus menentukan berapa jumlah yang harus kamu beli dan harga perkiraan dari barang-barang tersebut, jadi kamu juga bisa menentukan jumlah maksimal yang harus kamu keluarkan untuk belanja bulanan.

3. Catat pengeluaran harianmu

Ini adalah satu cara mujarab untuk mengontrol pengeluaran. Catat pengeluaranmu selama satu hari, bisa kamu lakukan dengan cara manual di notebook atau menggunakan aplikasi-aplikasi expense manager di ponselmu.

Dari mencatat ini kamu bisa melakukan penghitungan berapa rata-rata pengeluaranmu, dan kamu juga bisa menentukan berapa batas maksimal pengeluaran yang boleh kamu habiskan selama satu hari.

Baca Juga: 3 Profesi Dengan Gaji Tinggi Tapi Sepi Peminat

4. Pisahkan rekening tabungan

Hal ini sangat pening untuk memisahkan rekening tabungan dan rekening untuk keperluan sehari – hari. Dengan begitu, kamu akan lebih disiplin dalam mengatur cash flow.

5. Jangan lupa investasi

Investasi merupakan hal fundamental, Financial Consultant, Prita Hapsari Ghozie, menyarankan saat mulai berinvestasi, masyarakat perlu mempelajari serta memilih jenis investasi sesuai dengan risiko dan keuntungan masing-masing. “Pastikan produk investasi tersebut telah memiliki izin yang tepat serta menyajikan portofolio laporan investasi yang transparan,” ujar Prita. Misalkan saja melalui investasi emas, ataupun reksa dana. Dua instrument tersebut dinilai cocok untuk pemula, karena memiliki fleksibilitas yang tinggi serta likuid.

Baca Juga: 3 Alasan Perlu Merahasiakan Soal Gaji

 

 


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar