Hari Pertama Bekerja, Apa yang Harus Dilakukan?
Siker.id | 04 Jul 2022 14:30


Bagikan ke
Dunia Kerja (Siker)

siker.id - Untuk para fresh graduate atau lulusan baru yang belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya, pasti terasa asing ketika kita akan memulai bekerja pada hari pertama bekerja. Perasaan canggung, tidak percaya diri, bahkan gugup terkadang menghampiri pikiran kita. Padahal penting bagi kita untuk mendapatkan kesan yang baik ketika nantinya bertemu dengan atasan atau rekan kerja baru kamu, lho! Berikut beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk membuat hari pertamamu bekerja berhasil!

Baca Juga: 3 Tips Menyelesaikan Pekerjaan secara Efektif

1. Datang Tepat Waktu

Bila ingin memberikan kesan pertama yang baik, kamu harus hadir tepat waktu di hari pertama kerja.

Pasalnya, hal tersebut akan membuatmu tampak disiplin dan semangat untuk memulai perjalanan kariermu di perusahaan baru. Tepat waktu menjadi kiat sukses memasuki dunia kerja berikutnya. Sebab jika semua tugas dikerjakan tepat waktu, maka nilai positif akan didapatkan oleh kamu.

2. Kenalkan diri pada rekan-rekan di kantor

Cara berikutnya untuk memberikan kesan baik pada hari pertama kerja adalah untuk tetap percaya diri dan kenalkan diri pada rekan kerja di kantor.

Kamu bisa coba dengan berkeliling kantor untuk mengenalkan diri atau minta diperkenalkan oleh atasan pada divisi lain. Biasanya, atasan kamu atau pihak HRD akan mengajak kamu berkeliling untuk berkenalan divisi-divisi yang ada di kantor.

Baca Juga: 3 Cara Bersantai Di Kantor Setelah Pekerjaan Selesai

 

3. Kenakan pakaian yang rapi dan sopan

Tahukah kamu bahwa pakaian adalah hal pertama yang akan dilihat oleh rekan kerja dan atasan di tempat kerja? Ya, caramu berpakaian akan menjadi sorotan utama di hari pertama kerja. Tentunya kamu tak akan ingin meninggalkan kesan yang buruk karena tampil berantakan atau salah kostum.

Maka dari itu, melansir Prosky, kamu perlu memerhatikan penampilanmu sebelum berangkat kerja. Meskipun kantormu memberlakukan aturan penampilan yang lebih santai, jangan sampai pakaianmu berantakan atau tidak sesuai dengan norma perusahaan.

4. Inisiatif Bertanya

Pada dasarnya, hari pertama kerja adalah saat di mana pekerja merasa bingung mengenai hal yang harus mereka kerjakan. Nah, bersikap inisiatif dan bertanya mengenai tugas pada atasan adalah salah satu cara jitu untuk membentuk impresi yang baik, sesuai kata Local Wise.

Pastikan semua hal yang kamu butuhkan mengenai pekerjaan bisa diselesaikan di hari pertama kerja. Hal ini akan membantu kamu mengatasi kegugupan atau kebingung yang kamu alami pada awal kamu mulai bekerja.

Baca Juga: 4 Pekerjaan buat yang Hobi dengan Musik

 


Reporter: Fauzan Nur Rochman
Editor: -

0     0    

Komentar