4 Prospek Kerja Lulusan Bahasa Jepang
Siker.id | 30 Jun 2022 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Banyak orang berpikir jika kuliah jurusan Sastra Jepang hanya sebatas menjadi guru, otaku atau weaboo saja. Padahal, peluang kerja seorang sarjana Sastra Jepang ternyata sangat luas dan mungkin tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. 

Jurusan ini tidak hanya belajar tentang bahasanya saja, tetapi juga dari budaya dan seni. Berikut ini ada beberapa prospek kerja sastra Jepang yang bisa kamu tekuni.

Baca juga : 5 Prospek Kerja Lulusan Sarjana Matematika

1. Kedutaan Besar Jepang

Jika kuliah di bidang ini, kamu tidak hanya akan paham bahasa Jepang tetapi juga budayanya. Maka, salah satu prospek kerja sastra Jepang adalah menjadi staf Kedutaan Besar Jepang. Tanggung jawab yang akan kamu kerjakan nantinya, sangatlah beragam. Hal itu tergantung kamu melamar pada bidang apa.

2. Interpreter bahasa Jepang

 

Pekerjaan yang biasanya dilakukan interpreter adalah menerjemahkan pesan secara bersamaan ke dalam bahasa tertentu baik secara lisan maupun isyarat. Selain itu, prospek kerja sastra Jepang ini juga menuntutmu untuk bisa menjaga konteks dan makna bahasa asli ke bahasa sasaran. Untuk meningkatkan kemampuanmu, kamu bisa membaca materi interpreter lainnya dari berbagai bidang, mulai dari dokumen hukum, karya ilmiah, sampai berita.

Baca juga : 4 Prospek Kerja Lulusan Teknik Geologi

3. Leksikografer

Menurut KBBI, leksikografer adalah seseorang ahli yang mempelajari mengenai teknik penyusunan kamus. Masyarakat dan bahasa yang kita gunakan sangatlah dinamis. Sudah pasti bahasa akan selalu berkembang setiap tahunnya. Disinilah leksikografer berperan penting.

Untuk kamu yang sangat menyukai bahasa Jepang, mungkin prospek kerja sastra Jepang ini adalah salah satu pilihan yang tepat untukmu.

4. Perusahaan Jepang

Prospek kerja terakhir yang cocok untuk lulusan sastra Jepang adalah berkarier di perusahaan multinasional asal negeri asal sakura itu. Banyaknya perusahaan asal Jepang membuat peluang kerjamu dalam berbagai bentuk tergolong cukup terbuka.

Itulah dia beberapa prospek kerja bagi kamu lulusan Sastra Jepang, selain itu kamu juga bisa menjadi seorang penulis dan editor, lho. Menarik ya pastinya!

Sekian artikel ini, semoga membantumu dalam menentukan karir. Terima kasih.

Baca juga : 3 Prospek Kerja Lulusan Sarjana Akuntansi


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar