4 Prospek Kerja Lulusan Bahasa Mandarin
Siker.id | 30 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Jurusan sastra dan bahasa asing menjadi jurusan yang cukup populer, tidak hanya Bahasa Inggris, tetapi juga beberapa bahasa asing banyak diminati. Salah satunya yaitu Bahasa Mandarin. Prospek kerja dari lulusan jurusan ini pun beragam. 

Terdapat banyak prospek kerja jurusan Sastra Mandarin yang siap membawa kamu menuju kesuksesan. Simak berikut ini.

Baca juga : 3 Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

1. Penerjemah

Kemampuan berbahasa asing tidak jauh dari kegiatan penerjemahan atau translation. Utamanya kemampuan dalam berbahasa asing yang dikuasai seseorang tidak jauh dari kegiatan penerjemahan, baik lisan, maupun tulisan. Gaji penerjemah mulai dari 1-10 juta.

Berhubung Mandarin merupakan bahasa asing yang banyak digunakan dalam berbagai kegiatan di Indonesia, maka kebutuhan ahli bahasa untuk dukung penerjemahan pun selalu tinggi. Dalam karir penerjemah di industri hiburan pun sama-sama memiliki peluang besar.

2. Tour Guide

Suka berjalan-jalan dan berkenalan dengan para wisatawan dari luar negeri? Mengambil jurusan Sastra Mandarin merupakan pilihan yang tepat. Dari tingkat minat wisatawan China dan sekitarnya yang tinggi setiap waktunya membuat peluang di bidang satu ini pun jadi selalu terbuka.

Kamu juga harus pastikan memiliki banyak pengalaman dan mengenal objek wisata, maupun sebaliknya yaitu menjadi tour guide di China untuk wisatawan Indonesia. Selain keahlian berbahasa Mandarin, Kamu wajib pula memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, serta mengenal jalan dan objek wisata terkait.

Baca juga : 3 Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi

3. Jurnalis

Bukan hanya jadi penyiar atau penulis, Kamu bisa turun menjadi bagian media dalam menyajikan konten berbahasa Mandarin. Jurnalis di sini bisa menjadi pembawa acara, pihak yang lakukan wawancara, hingga hal-hal lainnya yang berhubungan dengan aktivitas media.

4. Karyawan Di Perusahaan Asing

Banyaknya perusahaan asing di Indonesia, termasuk perusahaan asal China membuat prospek atau peluang kerja Sastra Mandarin semakin terbuka lebar. Kamu bisa jadi seorang karyawan dari perusahaan asing tentu jangan lupa untuk memperhatikan kualitas dan apakah perusahaan yang nantinya kamu pilih bisa dipercaya.

Itulah dia beberapa prospek kerja untuk lulusan Sastra Mandarin, selain itu kamu bisa menjadi seorang penulis, editor, maupun penyiar radio, lho. Menarik bukan?

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Prospek Kerja Lulusan Statistika


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar