icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Jadi Seorang Pemimpin Wajib Punya Karakter Ini
Siker.id | 23 Nov 2021 17:40


Bagikan ke

siker.id - Kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu organisai karena sebagian besar keberhasilan dan kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh pimpinan dan karakter pemimpin dalam organisasi tersebut.

Kunci sukses di balik organisasi adalah pemimpin. Pemimpin harus tahu kapan mengambil peluang dan bagaimana mengumpulkan karyawan untuk bekerja keras mencapai tujuan perusahaan. Beberapa pemimpin dicari berdasarkan hardskills yang dimiliki, tetapi kenyataannya, sebagian besar sifat kepemimpinan yang berupa softskills-lah yang akan membentuk kesuksesan organisasi. Softskill ini dapat dipelajari dan dipertajam berdasarkan pengalaman dan latihan. Para pemimpin sangat perlu membangun kesuksesan dengan mengembangkan karakter yang harus dimiliki seorang pemimpin yang hebat dan sukses.

Baca juga: Berikut Peluang Kerja Lulusan Sastra Korea

Menjadi pemimpin itu tidak mudah dan setiap pemimpin masing-masing tidak akan mempunyai kesamaan, baik karakter pemimpin yang dimiliki, ataupun cara pemimpin dalam menjalankan ke-pemimpinannya. Berikut 5 Karakter yang harus dimiliki seorang pemimpin.

1. Mampu Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apapun

Didalam dunia bisnis, tentu setiap pemimpin akan merasakan masa dimana mereka mengalami jatuh dan bangun ketika membangun sebuah usaha. Dalam situasi seperti itulah karakter pemimpin yang tenang dalam menghadapi situasi seperti itu sangat diperlukan.

Carilah jalan keluar yang mampu membangun usaha Anda kembali, dan jangan membuat karyawan Anda menjadi khawatir akan situasi yang sedang terjadi, bangun rasa kepercayaan dan semangat karyawan Anda untuk membuat keputusan ditengah krisis yang sedang dialami.

2. Memiliki Visi untuk Masa Depan

Pemimpin yang luar biasa memiliki kemampuan untuk melihat masa depan perusahaan dan membuat tujuan yang jelas dan konkret yang akan menguntungkan organisasi. Menjadi visioner berarti memahami bahwa perubahan terus-menerus terjadi di sekitar Anda. Berlatihlah untuk dapat beradaptasi dan gesit ketika Anda menerapkan strategi baru dan memungkinkan bisnis Anda berkembang seiring waktu.

3. Menginspirasi

Sebagai pemimpin Anda juga harus menjadi ispirasi bagi setiap karyawan Anda, karakter pemimpin yang dapat menginspirasi juga berdampak positif terhadap karyawan Anda, dengan begitu secara langsung Anda dapat memotivasi bawahan Anda maupun orang lain yang mendengarkanya, hal ini merupakan kebiasaan pengusahaan sukses yang harus ditiru.

Ketika Anda memberikan ispirasi ataupun motivasi terhadap karyawan Anda, itu akan menambahkan semangat kerja mereka, dan semakin membuat mereka terispirasi terhadap perkataan yang Anda berikan kepada mereka. Dengan begitu mereka akan lebih tekun dan giat dalam melakukan pekerjaan mereka.

Baca juga: Apa Kelebihan dan Kekurangan PNS dan Swasta?

4. Menciptakan Hubungan yang Tahan Lama

Para pemimpin terkemuka memahami bahwa mereka harus efektif dalam membangun koneksi, tidak hanya untuk memajukan karier mereka sendiri, tetapi juga untuk kepentingan organisasi. Dengan menciptakan koneksi yang luas dan beragam, para pemimpin dapat membangun hubungan yang berdampak pada pelanggan, klien, mitra, dan bahkan pesaing.

5. Bertanggung Jawab

Sebagai pemimpin sikap taggung jawab dan mental merupakan suatu hal yang harus diterapkan dalam setiap karakter pemimpin. Sebagai pemimpin harus siap menerima resiko yang mungkin saja terjadi pada bisnis yang sedang mereka jalankan. Dan dalam situasi seperti itulah sikap tanggung jawab tersebut sangatlah dibutuhkan dalam seorang pemimpin.

Itulah karakter yang harus Anda tahu dan Anda terapkan ketika Anda menjadi seorang pemimpin. Pemimpin adalah kunci sebuah keberhasilan setiap karyawan, dengan tidak adanya pemimpin, maka setiap visi dan misi yang akan dilakukan itu semua tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya arahan yang diberikan oleh pemimpin.

Baca juga: Simak ! Tips Melatih Kemampuan Problem Solving

 


Editor: Bagus -

     

Komentar