3 Prospek Kerja Lulusan Statistika
Siker.id | 30 Jun 2022 12:15


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Jurusan statistika merupakan bagian dari studi matematika yang mempelajari tentang proses pengolahan, pengumpulan, penyajian, dan analisis data untuk selanjutnya dijadikan pijakan dalam suatu pengambilan keputusan. Statistika juga memiliki tiga sudut pandang, yakni statistika sebagai data angka, statistika sebagai metode atau teknik, dan statistika sebagai ilmu pengetahuan.

Mengenai prospek kerja, lulusan jurusan statistika punya peluang kerja yang bagus dimana banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan kemampuan memproses data dengan akurat supaya dapat memberikan informasi atau mengambil keputusan dengan tepat. Tidak hanya bekerja di instansi pemerintahan saja, tetapi ada beragam prospek karir untuk lulusan statistika. Simak dibawah ini.

Baca juga : 4 Prospek Kerja Lulusan Teknik Geologi

1. Market researcher

Tugas utama market researcher adalah menganalisis kondisi industri terkait untuk memperkirakan penjualan produk dan layanan, memantau tren di pasar tertentu untuk menilai hasil potensial bagi perusahaan, dan mengevaluasi hasil kampanye dan program pemasaran.

Market researcher menggunakan keahlian dalam statistik untuk mengembangkan proses pengumpulan data dan menganalisis angka dengan perangkat lunak dan algoritma canggih. 

2. Business analyst

Business analyst juga dikenal sebagai konsultan manajemen. Tugas seorang business analyst adalah menilai masalah bisnis, mengumpulkan data yang relevan, dan merancang metode untuk menganalisis masalah secara efektif.

Para profesional ini sering menganalisis laporan keuangan dan laporan tenaga kerja dan menggunakan statistik untuk mengidentifikasi tren dan merekomendasikan solusi. Business analyst sering bekerja sama dengan manajer proyek untuk menerapkan rekomendasi proses dan meninjau kemajuan.

Baca juga : 3 Prospek Kerja Lulusan Sastra Inggris

3. Financial analyst

Financial analyst atau analis keuangan, yaitu seseorang yang membantu individu, bisnis, dan agensi saat mereka mempertimbangkan investasi. Tugas financial analyst adalah menilai kinerja saham dan obligasi dan memperkirakan hasil pasar di masa depan menggunakan pengetahuan statistik untuk mengumpulkan dan menganalisis data keuangan yang relevan.

Selain itu, analis keuangan juga meninjau neraca dan laporan perusahaan, bekerja dengan perwakilan perusahaan dan menganalisis tim manajemen saat mereka menyiapkan rekomendasi investasi untuk klien mereka.

Nah, itulah dia beberapa prospek kerja untuk para lulusan statistika, selain itu kamu juga berpeluang bekerja menjadi seorang data scientist, lho.

Sekian artikel ini, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Prospek Kerja Lulusan Sistem Informasi


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar