5 Jenis Seminar yang Sering Ditemui
Siker.id | 30 Jun 2022 17:30


Bagikan ke
Ada banyak macam seminar yang ada saat ini (siker)

siker.id - Istilah seminar tentu sering disebut selama masa pendidikan atau bahkan setelah menginjak ranah profesional dalam pekerjaan. Seminar adalah suatu acara yang menghadirkan pembicara ahli dan peserta untuk membahas topik tertentu. Seminar adalah pertemuan sekelompok orang untuk membahas dan mencari solusi atas suatu permasalahan yang dipimpin oleh seorang ahli sebagai pembicara. Kegiatan seminar ini merupakan upaya untuk berbagi pengetahuan atau wawasan dari seorang atau beberapa ahli kepada peserta seminar yang membutuhkan ilmu pengetahuan/wawasan tersebut. Berikut beberapa jenis seminar yang sering kita temui.

Baca juga: 4 Etika dalam Penggunaan Ruang Rapat

Seminar proposal

Jenis seminar pertama adalah seminar proposal. Saat menjadi mahasiswa akhir, kamu mungkin pernah menjadi salah seorang yang menyelenggarakan seminar proposal ini. Tujuan seminar adalah untuk menyampaikan rencana penelitian tugas akhir oleh mahasiswa di hadapan dosen pembimbing. Peserta seminar adalah dosen penguji, dosen pembimbing, dosen wali, serta mahasiswa dari prodi yang sama atau lainnya. Seminar ini biasanya menjadi syarat kelulusan mahasiswa.

Seminar matematika

Jenis seminar selanjutnya dalam seminar adalah seminar matematika. Seminar matematika adalah sebuah kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk memberikan informasi terkait ilmu tentang kuantitas, ruang, struktur, serta perubahan. Tujuan seminar adalah agar peserta seminar dapat belajar untuk menemukan pola, merumuskan dugaan baru, serta membangun kebenaran melalui metode yang telah disampaikan.

Seminar kewirausahaan

Dalam bidang bisnis, salah satu contoh seminar adalah seminar kewirausahaan. Tujuan seminar adalah untuk menyampaikan informasi seputar peluang usaha maupun bisnis, memberikan wawasan kepada peserta seminar terkait cara menghadapi berbagai resiko yang mungkin dihadapi dalam berbisnis, dan sebagainya.

Baca juga: 3 Tipe Pemimpin Rapat di Tempat Kerja

Seminar keperawatan

Seminar yang berhubungan dengan kesehatan, contohnya adalah seminar keperawatan yang berupa kegiatan pembelajaran maupun pelatihan. Tujuan seminar adalah untuk memberikan bekal serta ilmu seputar keperawatan agar memiliki kesiapan serta memahami kode etik menjadi seorang perawat. Sesuai dengan namanya, pada umumnya peserta seminar adalah perawat atau calon perawat.

Seminar skripsi

Jenis seminar berikutnya adalah seminar skripsi. Seminar ini adalah seminar lanjutan setelah seminar proposal. Bedanya, jika seminar proposal dilakukan di awal, maka seminar skripsi ini adalah seminar yang dilakukan di akhir. Tujuan seminar adalah untuk menyampaikan hasil penelitian tugas akhir oleh mahasiswa di hadapan dosen pembimbing dan dosen penguji.

Sekian artikel tentang jenis-jenis seminar yang ada. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Mengelola Rapat Online yang Diikuti


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar