5 Peran ICT dalam Dunia Pendidikan
Siker.id | 30 Jun 2022 10:00


Bagikan ke
Peran ICT dalam dunia pendidikan (siker)

siker.id - Seiring berkembangnya zaman, banyak bidang telah mengalami perubahan dan pembaruan. Seperti yang terjadi di dunia pendidikan. Salah satu mata pelajaran baru yang ada di kurikulum sekarang adalah ICT. Secara singkat, ICT adalah konsep yang membahas mengenai teknologi, komunikasi, dan informasi secara nyata. Pada awalnya ICT muncul pada pertengahan abad ke-20 dengan teknologi pertama yang masih belum secanggih sekarang. Kemudian konsep ini terus berkembang dan diimplementasikan ke hampir semua sektor di kehidupan, seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan, bahkan hingga ke pertanian. Lalu apa peran ICT terutama dalam sektor pendidikan? Berikut ulasannya!

Baca juga: 3 Keterampilan Komunikasi yang Tepat untuk Pemimpin

Media pembelajaran yang inovatif

Pengembangan media belajar menggunakan ICT lebih beragam dan tidak terbatas pada teks atau gambar statis saja. Kamu bisa menggunakan media animasi atau video untuk membuat modul lebih menarik.

Manajemen sistem yang lebih praktis dan terstruktur

Tidak hanya memudahkan dan memperbaiki sistem pembelajaran yang ada, ICT juga membuat manajemen sistem administrasi di sekolah menjadi lebih praktis dan terstruktur. Kini sudah hampir semua sekolah yang ada di Indonesia memberlakukan digitalisasi pada manajemen internal sekolah.

Bekal siswa dan pengajar menghadapi zaman

Sebagai bekal untuk menghadapi zaman yang semakin maju, ICT sangatlah penting untuk dipahami dan dipelajari siswa. Kemajuan TIK di sebuah institusi juga menjadi salah satu keunggulan lembaga tersebut dari lembaga lain.

Baca juga: 3 Cara Komunikasi yang Baik dengan Rekan Kerja

Sumber informasi yang mudah digunakan dan fleksibel

ICT memudahkan siswa maupun tenaga pengajar dalam mengakses informasi yang ada. Kamu tidak harus membuka buku satu per satu untuk menemukan jawaban atau ilmu. Cukup dengan mengetikkan kata kunci pada database perpustakaan sekolah atau pada mesin pencari, kamu sudah bisa menemukan jawaban yang diinginkan.

Visualisasi yang lebih berkualitas

Terkadang pembelajaran yang masih menggunakan teknik lama memiliki kekurangan yaitu visualisasi gambar atau objek yang dijelaskan terlihat tidak terlalu menarik, bahkan terkadang masih berwarna hitam putih. Dengan adanya teknologi, maka kamu bisa melihat gambar atau visualisasi yang riil.

Sekian artikel tentang peran ICT dalam dunia pendidikan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga:  3 Tips Cara Meningkatkan Komunikasi Verbal


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar