5 Jenis Artikel yang Umum dan Sering Ditemukan
Siker.id | 30 Jun 2022 07:00


Bagikan ke
Artikel umum yang sering ditemukan (siker)

siker.id - Konten artikel merupakan hal penting yang harus ada di era digital seperti sekarang, termasuk bila kamu ingin memasarkan sebuah produk. Yang pasti daftar artikel tidak sebatas berita atau review. Masih banyak jenis artikel yang harus diketahui penulis agar bisa menulis sesuai sasaran. Seorang penulis, pembuat konten, atau apapun yang bergerak di dunia literasi, harus paham jenis-jenis artikel yang ada. Berikut ini beberapa daftar artikel yang perlu kamu tahu.

Baca juga: 3 Tugas Utama Editor Artikel

Artikel esai

Ada beberapa artikel dengan jumlah kata cukup sedikit, salah satunya esai. Esai merupakan tulisan yang menggambarkan pengalaman, maupun pendapat penulis secara personal. Isi tulisan esai menyajikan pandangan spesifik terhadap sebuah topik. Esai biasanya dijabarkan dalam bentuk singkat dan mudah dipahami. Tujuannya agar pembaca bisa fokus langsung ke inti artikel.

Artikel opini

Artikel opini bisa disebut juga sebagai artikel perspektif, yakni tulisan yang dibuat dengan berisikan konsep fundamental di bidang tertentu. Bentuk tulisannya mayoritas esai dengan sudut pandang pribadi. Sementara isi jenis artikel ini adalah sebuah kritikan atau pandangan penulis tentang gagasan populer, peristiwa, dan berbagai hal lain di bidang tertentu. Artikel ini juga dianggap sastra sekunder dengan panjang sampai 2.000 kata.

Artikel uji klinis

Khusus di bidang kedokteran, ada artikel uji klinis. Artikel ini menggambarkan metodologi, implementasi, serta hasil studi yang bisa dikendalikan. Biasanya artikel dilakukan dengan uji klinis grup pasien. Untuk formatnya juga cukup panjang. Pengalaman kerja praktik, standar etika, serta keahlian tinggi diperlukan. Tanpa hal itu, artikel dianggap kurang teruji dan sulit dipertanggungjawabkan.

Baca juga: 3 Tips Menulis Artikel Bagi Pemula

Artikel ulasan

Selanjutnya adalah review article. Artikel review atau ulasan merupakan tulisan yang berisi analisis kritis dan konstruktif. Analisis ini diterbitkan melalui ringkasan, perbandingan, dan sebagai rekomendasi untuk penelitian masa depan. Artikel ulasan dianggap sebagai literatur sekunder dan dapat dibagi menjadi tiga jenis, mulai dari ulasan sastra, sistematis, serta meta-analisis. Panjangnya tergantung dari area subjeknya. Mulai dari 1.000 hingga 5.000 kata.

Artikel gaya hidup

Topik yang disajikan sangat bervariasi untuk jenis tulisan ini. Namun, untuk temanya hanya tentang gaya hidup, baik itu kesehatan, rekreasi, hubungan personal, dan sejenisnya, masuk sebagai gaya hidup. Misalnya artikel berisi tempat wisata paling populer, tips dan trik kecantikan, memilih sekolah, dan sejenisnya. Isi artikel berguna untuk berbagi informasi. Pembacanya biasanya untuk semua kalangan, baik pria maupun wanita.

Sekian artikel tentang jenis artikel yang umum dan sering digunakan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Membuang Insecure saat Menulis


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar