4 Tips Memulai Obrolan dengan Rekan Kerja
Siker.id | 29 Jun 2022 10:00


Bagikan ke
Cara memulai obrolan dengan rekan kerja haruslah tepat (siker)

siker.id - Keterampilan untuk memulai percakapan dan menemukan topik pembicaraan yang pas dengan lawan bicara adalah kemampuan yang sangat baik untuk membantu membangun jaringan dan hubungan. Namun, faktanya menemukan topik pembicaraan yang cocok dengan lawan bicara tidak selalu mudah. Memulai obrolan dengan orang lain, khususnya rekan kerja memang dapat dikatakan sebagai sebuah pengalaman baru yang harus kamu hadapi. Memang, mencari ide memulai obrolan adalah hal yang sedikit membuat kita merasa rendah diri, terutama dengan risiko obrolan yang tidak sesuai ekspektasi lawan bicara. Berikut tips memulai obrolan dengan rekan kerja yang baik.

Baca juga: 4 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Toxic

Mulai dengan obrolan ringan

Membangun hubungan dengan rekan kerja baru dapat dimulai dengan obrolan ringan. Misal, pertanyaan yang akan dilakukan rekan kantor sepulang kerja. Kamu dapat mulai dari pertanyaan, “Di akhir pekan, kamu biasanya ngapain?”. Kamu juga dapat membangun obrolan yang berhubungan dengan minat rekan kerja. Hal ini dapat kamu amati dari barang-barang yang mungkin kamu jumpai di meja kerjanya, atau kebiasaan orang tersebut yang selalu tampak rapi.

Memulai percakapan yang kreatif

Biasanya memang cukup sulit untuk memulai percakapan dan menemukan sesuatu yang baru untuk dibicarakan setiap saat. Terutama jika kamu bekerja di tempat dimana karakter masing-masing orang yang jarang berbicara, kamu mungkin perlu beberapa inspirasi topik pembicaraan yang tidak biasa. Jika hal ini kamu jumpai, kamu dapat ajukan beberapa pertanyaan terbuka yang lebih abstrak daripada spesifik. Misal, “Jika kamu bisa pergi ke mana saja di dunia, ke mana kamu akan pergi?" atau “Apa satu tujuan yang selalu kamu miliki, tetapi sepertinya tidak pernah tercapai?”.

Baca juga: 3 Tips Jitu Supaya Tidak Dianggap Enteng Rekan Kerja

Meminta saran tempat favorit

Di tempat kerja, kamu dapat berbaur dengan mencoba menanyakan beberapa hal yang relevan selama nantinya kamu bekerja, bahkan termasuk tempat kopi atau istirahat makan siang yang nyaman. Kamu dapat bertanya mengenai beberapa tempat favorit yang bisa dijadikan untuk sekadar minum kopi, atau bahkan bertanya mengenai rekomendasi tempat wisata terdekat untuk akhir pekan, misalnya.

Percaya diri

Cara terbaik untuk membuat seseorang memulai percakapan dengan kamu nantinya adalah dengan memproyeksikan kepercayaan diri. Berikan kesan bahwa kamu pandai menempatkan diri dan percaya dengan kemampuan yang kamu miliki. Jika mereka ingin berbicara, bagus, dan jika tidak, ada banyak orang lain yang akan dengan senang hati mengobrol.

Sekian artikel tentang tips memulai obrolan dengan rekan kerja. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Cara Pendekatan dengan Rekan Kerja Senior


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar