3 Alasan Seseorang Menjilat Atasan
Siker.id | 28 Jun 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Setiap kita bekerja pasti akan bertemu banyak orang dengan beragam karakteristik, salah satunya yang akan kita bahas adalah seorang penjilat. Tipikal rekan kerja yang seperti ini biasanya akan melakukan segala hal agar mendapatkan pujian serta cari muka, selain itu rekan kerja seperti ini juga akan mengeluarkan pujian berlebihan.

Seseorang dengan karakter seperti ini tidak akan segan untuk berbohong, membual, bahkan memfitnah rekan kerja di hadapan atasanya. Nah, berikut ini ada beberapa alasan kenapa rekan kerjamu menjadi penjilat.

Baca juga : 3 Cara Elegan Ketika Menghadapi Teman Suka Copycat

1. Rasa percaya diri yang rendah

Praktik menjilat atasan pada dasarnya disebabkan oleh alasan personal atau dari dalam dirinya, yakni perasaan tidak percaya diri atau perasaan insecure. Biasanya dia akan berusaha menjatuhkan orang lain dengan maksud agar dirinya dipandang jauh lebih baik. Padahal, dalam dunia kerja, kinerja seseorang haruslah dinilai dari sudut pandang objektif yang terukur. 

2. Merasa posisinya terancam

Alasan menjilat atasan biasanya disebabkan oleh perasaan takut yang dirasakan seseorang, karena ketakutan tidak diterima dan didukung oleh rekan kerja lain. Alih-alih mendapatkan pengakuan yang objektif, penjilat biasanya akan membual tentang pencapaiannya kepada atasan untuk mendapatkan pujian yang belum tentu bisa dibuktikan.

Baca juga : 3 Cara Pendekatan dengan Rekan Kerja Senior

3. Ingin jalan pintas untuk naik jabatan

Seorang penjilat tak segan menjalin kedekatan dengan atasan di level lebih tinggi sebagai usaha untuk mendapatkan apa yang ia mau. Karakter penjilat seperti ini biasanya bisa langsung diketahui, karena mereka selalu bangga memamerkan kedekatannya dengan atasan.

Demikian di atas tadi beberapa alasan seorang penjilat melakukannya di hadapan atasan, selain itu kamu harus bisa menghindarinya karena tentunya kamu tidak ingin bukan jika kamu di jelek-jelekkan atau di fitnah oleh rekan kerja yang penjilat tersebut. Jangan sampai kamu jadi seperti rekan kerjamu itu, ya. Bersainglah secara sehat dan abaikan saja rekan kerja penjilat seperti itu.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga : 4 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Toxic


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar