3 Perbedaan Antara Job Description & Job Specification
Siker.id | 28 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Saat mencari kerja dan di setiao lowongan kerja, informasi job description dan job specification biasanya dicantumkan HR. Meskipun sekilas dua hal ini terkesan mirip, tetapi nyatanya memiliki makna yang berbeda. Baiknya, kamu bisa memahami dua hal ini agar bisa menambah nilai dari rekruter,

Job description berisi informasi rinci tentang sebuah lowongan kerja. Dalam job description, terdapat informasi tentang posisi, lokasi perusahaan, tanggung jawab, dan lainnya. Dengan adanya informasi ini, kamu sebagai kandidat pelamar kerja bisa membuat keputusan apakah ini pekerjaan yang cocok dengan kemampuanmu.

Baca juga : 3 Tips Jitu Mengatasi Job Insecurity Menurut Psikologi

Job specification menyatakan atribut, skill, pengetahuan, pendidikan, serta pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk sebuah pekerjaan. Secara sederhana, job specification adalah daftar kualifikasi yang harus ada pada kandidat yang melamar. Pasalnya, tanpa kualifikasi tersebut, kamu tidak akan bisa melakukan pekerjaan yang baik.

Agar kamu lebih paham, berikut ini beberapa perbedaan dari job description dan job specification. Simak dibawah ini.

1. Isi

Menurut Indeed, keduanya menjelaskan tentang suatu pekerjaan yang spesifik, tetapi detail yang dipaparkan berbeda. Job description menjelaskan seperti apa pekerjaan yang sedang dicari perusahaan. Sedangkan, job specification adalah apa yang dibutuhkan oleh seseorang untuk bisa menjalankan tugas-tugas posisi tersebut.

Baca juga : Berikut Ini Beberapa Jenis On the Job Training

2. Penilaian

Job description dan job specification bisa jadi dua hal yang digunakan untuk mengukur dan menilai kandidat dalam proses rekrutmen. Job specification mengukur apakah kualifikasi seseorang sesuai dengan kebutuhan posisi yang dicari. Tetapi, job description mengukur tugas dan tanggung jawab yang harus bisa dilaksanakan seseorang di posisi yang dicari.

3. Manfaat

Meskipun ada banyak perbedaan antara job description dan job specification, keduanya sama-sama memiliki manfaat. Job specification dapat membantumu sebagai kandidat untuk mengetahui apa saja skill yang dibutuhkan untuk bisa sesuai dengan kemauan perusahaan.

Job description tentunya bermanfaat untuk kandidat juga. Dengan membaca deskripsi pekerjaan, kamu jadi bisa membayangkan seperti apa tugas dan tanggung jawab yang harus diemban jika bekerja di perusahan tersebut.

Demikian di atas tadi perbedaan dari job description dan job specification, semoga dapat membantu kamu agar lebih paham saat melamar pekerjaan.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Berikut 4 Pertimbangan Sebelum Menerima Job Offer


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian