4 Kegiatan yang Bisa Membuat Lebih Produktif
Siker.id | 28 Jun 2022 19:00


Bagikan ke
Kegiatan-kegiatan yang membuat lebih produktif (siker)

siker.id - Tetap bisa produktif adalah sebuah tantangan, terutama ketika kamu mulai sulit berfokus mengerjakan satu hal dalam jangka waktu yang lama. Kamu mungkin mengalami hambatan mental sesekali atau terjebak dalam banyak proyek sehingga kamu harus benar-benar bekerja melawan diri sendiri dan menjadi kurang efektif. Produktivitas dapat mengubah banyak hal untuk semua jenis pekerjaan. Namun, mencapai tingkat produktivitas harian yang tinggi bisa menjadi tantangan. Ada hari-hari ketika kamu mengikuti arus, bekerja dengan efisien dan lancar, dan meninggalkan rasa bangga di penghujung hari. Lalu apa saja kegiatan yang bisa membuat produktif terutama bagi pengembangan diri? Berikut ulasannya!

Baca juga: Banyak Meeting? Ini 3 Tips Agar Produktif & Bijak Atur Waktu

Berhenti melakukan banyak tugas/multitasking

Menjawab email saat di telepon, mengobrol dengan teman secara online, dan kegiatan apapun lainnya yang dilakukan secara bersamaan bisa jadi menjadi penghambat tanpa disadari. Penelitian telah menunjukkan multitasking memiliki efek buruk pada produktivitas. Cara paling mudah agar tetap produktif adalah tutup deretan tab di browser kerjamu dan alihkan perhatian penuh ke tugas yang seharusnya difokuskan.

Pergi ke gym

Jika di sekitar tempat kerja terdapat gym, maka salah satu cara untuk kembali produktif adalah dengan menggunakan istirahat makan siang untuk berolahraga di atas treadmill atau menghabiskan beberapa menit dengan sepeda stasioner. Atau, jika jadwalmu tidak memungkinkan selama jam kerja, mulailah hari dengan olahraga singkat sebelum berangkat ke kantor untuk menyiapkan tubuh dan otak agar lebih produktif.

Baca juga: 3 Manfaat Positif Melakukan Kegiatan Produktif

Membangun rutinitas

Banyak hal yang memerlukan keputusan setiap harinya. Menetapkan rutinitas harian dapat mengurangi apa yang dikenal sebagai "decision fatigue", dimana otak membuat keputusan berkualitas lebih rendah dari waktu ke waktu karena dipaksa untuk membuat lebih banyak keputusan. Cara membangun rutinitas untuk tetap produktif adalah dengan mempersiapkan hal-hal sederhana seperti memilih pakaian yang ingin dikenakan besok pada malam sebelumnya, membuat jadwal rutin berolahraga di hari dan jam yang sama, dan sebagainya.

Melakukan peregangan

Gagal produktif seringkali membuat diri merasa kesal dan terganggu. Hal paling praktis bisa menjaga kamu untuk tetap produktif adalah melakukan peregangan. Bangun dari tempat dudukmu, kemudian berjalan di sekitar kantor, dan regangkan kaki. Luangkan waktu sejenak untuk melancarkan peredaran darah. Atau, kamu juga bisa hanya dengan mendorong kursi ke belakang dan meregangkan tangan dan kakimu.

Sekian artikel tentang kegiatan yang biasa membuat lebih produktif. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Kegiatan Produktif Selagi Menunggu Panggilan Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar