icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Peluang Kerja Lulusan Perhotelan, Baca Ini
Siker.id | 23 Nov 2021 20:05


Bagikan ke

siker.id - Apa sih yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata perhotelan? Pasti kamu akan berpikir, lulusan perhotelan hanya bisa bekerja di hotel. Selain itu, masih banyak orang yang menganggap remeh jurusan ini. Hal itu seakan sudah melekat bagi para lulusan perhotelan. Padahal, jurusan ini tidak hanya membuat para mahasiswanya untuk bekerja di hotel saja lho!

Lingkup karier di bidang ini sebenarnya lumayan luas untuk bisa kamu tekuni dan dijadikan sumber penghasilanmu nantinya.

Bidang perhotelan punya peran penting dalam perkembangan perekonomian suatu negara. Perhotelan juga kerap kali dikaitkan dengan suatu pekerjaan yang seru dan asyik. Karena pekerjaan di bidang perhotelan punya kesempatan menikmati kemewahan hotel dan kenyamanan kehidupan di hotel.

Baca juga: Apa Saja Peluang Kerja Lulusan Pendidikan Matematika?

Namun, lulusan perhotelan tidak melulu harus kerja di hotel. Ada banyak bidang lain yang menjanjikan, buat lulusan program studi (Prodi) Perhotelan selain kerja di hotel.

Yuk, simak 6 prospek menjanjikan lainnya bagi lulusan Prodi Perhotelan

1. Entrepreneur Bidang Perhotelan dan Restoran

Lulusan Prodi Perhotelan juga punya peluang sebagai entrepreneur bidang perhotelan dan restoran. Pasalnya mahasiswa Prodi Perhotelan juga diajarkan bagaimana mengatur perhotelan ataupun restoran. Selain itu, diajarkan juga cara menyusun strategi untuk menjalankan bisnis hotel dan restoran agar sukses dan berjaya.

2. Food and Beverage Service

Food and beverage serving juga menjadi salah satu prospek dari lulusan perhotelan nih. F&B serving sangat dibutuhkan di restoran dan hotel untuk mengantarkan pesanan makanan ataupun minuman kepada para tamu. Dalam menyajikan makanan, juga gak sembarangan lho!

Para F&B serving ini sudah mempelajari bagaimana cara menyajikan makanan kepada para tamu sesuai dengan standar yang ada. Seorang F&B serving juga dituntut untuk bisa menjelaskan setiap detail makanan yang ditawarkan oleh restoran ataupun hotel. Agar tamu tahu apa saja makanan yang disajikan

3. Pattisier

Bagi yang hobi buat kue atau dessert, mungkin bisa mengembangkan hobi dalam membuat pastry. Pasalnya, lulusan Prodi Perhotelan juga bisa mengembangkan kreativitas diri dan keahliannya untuk menjadi pattisier. Pattisier sama seperti chef akan tetapi mereka lebih fokus pada pembuatan dessert atau kue.

Baca juga: Bagaimana Pengaturan Hak Izin Cuti Melahirkan?

4. Manager Restoran

Bukan hanya perusahaan saja yang membutuhkan manager. Sebuah restoran juga pastinya membutuhkan manager untuk mengatur dan mengawasi jalannya operasional setiap harinya.

Gak cuma itu, manager restoran juga punya hak untuk memecat dan merekrut karyawan, menghadapi tamu secara langsung, hingga mengawasi kebutuhan dapur secara langsung.

5. Customer Service

Ilmu pelayanan terhadap konsumen yang Kamu pelajari di jurusan perhotelan bisa Kamu aplikasikan untuk bekerja sebagai customer service. Para lulusan perhotelan yang bekerja sebagai customer service tentunya bisa melayani para konsumen dengan lebih baik.

6. Chef

Bagi yang hobi memasak, berkarir sebagai chef juga cukup menarik. Lulusan Prodi Perhotelan juga diajarkan bagaimana cara membuat makanan, menata makanan, agar bukan hanya sempurna dari segi rasa tetapi juga punya kesan artistik dalam penyajian.

Itulah beberapa prospek lulusan perhotelan. Jadi, kamu tertarik untuk berkarier di bidang perhotelan?

Baca juga: Peluang Kerja Lulusan Astronomi, Lengkap !

 


Editor: Bagus -

     

Komentar