4 Unsur yang Terkandung dalam Iklan
Siker.id | 28 Jun 2022 17:30


Bagikan ke
Unsur-unsur yang terkandung didalam iklan (siker)

siker.id - Kamu tentu tak asing dengan istilah iklan. Iklan berisi pesan yang berguna untuk mempengaruhi khalayak umum agar membeli atau menggunakan jasa tertentu. Karena punya peran mempengaruhi, maka iklan tidak dibuat tanpa pertimbangan. Ide atau pesan yang berisikan sesuatu bisa disebut kampanye iklan. Wikipedia mendefinisikan iklan sebagai komunikasi pemasaran untuk mempromosikan atau menjual produk, layanan atau ide. Untuk mempromosikan sebuah produk, banyak kombinasi media yang dipakai. Bisa melalui cara konvensional seperti ‘mulut ke mulut’ atau bisa dengan media cetak maupun elektronik. Lalu apa saja unsur-unsur dari iklan tersebut? Berikut ulasannya!

Baca juga: Bekerja Di Perusahaan Keluarga? Ini 4 Plus-Minusnya

Terpercaya

Iklan yang bagus adalah yang unsur iklan jujur apa adanya. Tidak ada orang yang sukarela mau ditipu. Maka, menjual produk secara jujur adalah harga mati. Berbisnis tidak hanya sebatas menjual barang kemudian melupakannya. Jual produk secara jujur merupakan cara tercepat untuk menaikkan citra bisnis. Tentu kamu tidak ingin menjadi pengiklan yang pada akhirnya dikeluhkan konsumen. Bidik testimoni konsumen sehingga beriklan menjadi lebih efektif.

Mengesankan

Apa gunanya beriklan jika pada akhirnya tidak berkesan. Karena itulah, unsur iklan yang satu ini sangat penting. Menanamkan ide atau perasaan baru audiens sangat penting dan menjadi tolak ukur bahwa iklan sukses. Kehalusan merek sangat penting. Agar iklan lebih berkesan, gunakan pendekatan sesuai target market. Misalnya, jika ingin memasarkan produk ke kalangan ekonomi menengah ke bawah, kamu perlu melakukan pendekatan yang berhubungan dengan kehidupan kalangan tersebut. Gunakan keresahan target market sebagai jalan cerita dan cari penyelesaian dari keresahan tersebut.

Baca juga: 3 Tips Meniti Karir Di Perusahaan Startup

To the point

Iklan harus berisikan unsur yang tegas, lugas, tanpa bertele-tele. Mengingat durasi sangat singkat, isi pesannya harus efektif. Sesuatu pesan yang cepat dan langsung akan memancing kejutan di antara penonton. Kamu harus berusaha menarik perhatian audiens di awal durasi, sehingga penonton akan tertarik menyimak sampai akhir iklan. Isi iklan yang lugas ini bisa berupa beberapa kata khas. Baik itu slogan, kalimat persuasif, dan sejenisnya.

Fotografi

Selain dalam bentuk verbal, elemen iklan lainnya harus mencakup gambar, foto, dan sejenisnya. Situs Ethiovisit menyebut pesan visual mendukung daya tarik iklan dan menarik banyak perhatian konsumen potensial. Bentuk kampanye ini bisa menggunakan foto menarik dari brand ambassador. Unsur iklan ini memang memerlukan biaya cukup besar. Selain itu, juga harus menemukan sosok yang cocok dijadikan brand ambassador. Tetapi semua itu sangat mendukung citra suatu produk atau layanan jika pilihannya sesuai.

Sekian artikel tentang unsur yang terkandung dalam iklan. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Manfaat Menarik Bekerja Di Perusahaan Kecil


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar