icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
3 Harapan dari Fresh Graduate yang Tak Sesuai Realita
Siker.id | 28 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Harapan fresh graduate yang tidak sesuai realita (siker)

siker.id - Berharap dan berekspetasi tentang apa pun sah dan boleh-boleh saja. Akan tetapi, sadarilah bahwa harapan-harapan itu kadang berbeda dengan kenyataan. Tak terkecuali harapan yang terkait dengan pekerjaan. Buat kamu yang saat ini baru lulus atau para fresh graduate terutama, harapan terkait pekerjaan sering kali malah bikin kamu kaget dan kecewa ketika harus berhadapan dengan realita. Apabila kamu masih punya beberapa harapan seperti di bawah ini, koreksilah sekarang juga dan ubahlah agar tidak menimbulkan kekecewaan.

Baca juga: 3 Rekomendasi Podcast Untuk Fresh Graduate Simak

Bekerja sesuai passion akan membuatmu bahagia dan bersemangat

Harapan untukmu selalu bahagia dan bersemangat menjalani hari karena menekuni pekerjaan sesuai passion tidaklah masuk akal. Kamu barangkali cuma belum bisa membedakan antara bekerja sesuai passion dengan sebatas melakukannya sebagai hobi. Di dalam hobi tidak ada target dan tekanan, sedangkan pekerjaan sesuai passion sama seperti pekerjaan lainnya. Ada klien yang harus dipuaskan, tenggat pengerjaan, penghasilan yang kadang tidak sesuai dengan tingkat kesulitan pekerjaan, dan sebagainya. Jangan sampai kamu cepat bosan bekerja sesuai passion karena sejak awal cuma membayangkan sisi-sisi enaknya.

Kamu akan dihormati karena bukan pengangguran lagi

Kemampuan untuk menghormati orang lain itu kembali pada masing-masing individunya. Ada orang yang masih tetap menghormatimu sekalipun kamu belum mendapatkan pekerjaan. Mereka tahu sulitnya mencari pekerjaan saat ini dan menganggurnya kamu tidak berarti dirimu pemalas. Walau umumnya status telah bekerja bakal meningkatkan rasa hormat orang kepadamu, akan ada beberapa orang yang tetap suka mengejek. Mungkin mereka mempermasalahkan penghasilanmu yang lebih kecil dari penghasilan mereka. Juga jenis pekerjaanmu yang dianggap biasa saja, gak mentereng.

Baca juga: 4 Kontrak Kerja Yang Harus Di Pahami Fresh Graduate

Dengan pengalaman ini, mudah mendapat pekerjaan baru

Seharusnya memang begitu, tetapi kenyataannya dapat sebaliknya. Ada pencari kerja yang lebih suka lulusan baru dan belum punya pengalaman apa-apa. Alasannya, mereka masih muda dan mudah dilatih atau dibentuk karakternya di lingkungan kerja. Sedang yang lebih berpengalaman sepertimu kerap kali tidak mau menurut pada perintah atasan, bahkan berusaha mengubah berbagai aturan di kantor. Selain tentunya, garis rezeki yang tidak kamu ketahui. Makanya, meski ada banyak godaan pekerjaan lain yang lebih menarik, sebaiknya kamu berpikir masak-masak sebelum resign. Jangan sampai kamu menyesal seandainya pekerjaan penggantinya malah jauh dari ekspektasi.

Sekian artikel tentang harapan dari fresh graduate yang tidak sesuai realita. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Ini 4 Kesalahan Fresh Graduate Dalam Mengatur Keuangan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

     

Komentar