5 Tips Menggaet Audiens dengan Pembukaan Presentasi
Siker.id | 28 Jun 2022 13:00


Bagikan ke
Pentingnya menggaet audiens dengan pembukaan presentasi yang baik (siker)

siker.id - Kamu akan melakukan presentasi? Jangan lupa untuk memperhatikan kata-kata dalam pembukaan presentasi. Pembukaan presentasi yang baik akan membuat audiens menjadi tertarik dengan materi presentasi kamu. Pembukaan presentasi adalah sebuah hal yang pertama harus dilakukan ketika kamu hendak untuk memaparkan sebuah presentasi. Pembukaan presentasi menjadi sebuah kesempatan besar bagi kamu untuk menarik perhatian audiens. Durasi pembukaan presentasi umumnya tidak terlalu lama, maka karena durasi singkat tersebut kamu harus mampu untuk mendapatkan perhatian audiens agar mereka tertarik dengan materi yang kamu sampaikan. Berikut beberapa tipsnya!

Baca juga: Hindari 3 Kesalahan Ini Ketika Presentasi

Gunakan quote

Dalam membuka presentasi, kamu dapat menggunakan quote yang dirasa sesuai dengan apa yang akan kamu sampaikan. Usahakan gunakan quote yang relevan agar pembukaan presentasi kamu dapat menjadi sesuatu yang menarik bagi audiens. Kamu juga dapat menggunakan quote dari tokoh-tokoh menarik, lho!

Menunjukan statistik

Memaparkan data statistik yang mengejutkan dan kuat dapat membuat pembukaan presentasi menjadi lebih menarik. Terlebih jika statistik yang dipaparkan sangat berhubungan dengan audiens, tentu akan memicu daya tarik emosional audiens.

Ajak audiens untuk membayangkan sebuah skenario

Ingin pembukaan presentasi kamu diingat oleh audiens? Ajaklah audiens untuk membayangkan skenario yang berkaitan dengan presentasi yang akan kamu sampaikan. Metode ini dapat menjadi sebuah gambaran bagi audiens tentang materi yang akan didapatkannya dari presentasi kamu.

Baca juga: 3 Tips Presentasi dengan Metode Storytelling

Ulas pernyataan yang powerful

Ulaslah sedikit pernyataan yang powerful pada saat sesi pembukaan presentasi. Tak usah panjang lebar, kamu cukup memberikan beberapa kalimat yang powerful untuk membuat audiens berpikir sejenak. Dengan seperti itu, audiens akan menyimak hal yang akan kamu sampaikan selanjutnya dalam presentasi kamu.

Menggunakan pertanyaan

Selain dengan menggunakan quote pada pembukaan presentasi, kamu juga dapat membuka presentasi dengan melontarkan pertanyaan kepada audiens. Agar lebih menarik perhatian audiens, kamu dapat menanyakan pertanyaan yang memancing rasa penasaran audiens.

Sekian artikel tentang tips menarik audiens dengan pembukaan presentasi. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips Opening Presentasi Yang Menarik


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar