5 Skill Penting Untuk Karir Di Bidang Keuangan
Siker.id | 27 Jun 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Tertarik bekerja di bidang keuangan, tentunya harus didukung dengan skill khusus untuk menunjang kesuksesan karirmu. Selain profesi sebagai finance, bidang keuangan juga bisa memberimu jenjang karir lain seperti menjadi Chief Financial Officer (CFO), Spesialis Piutang, Staf Pembukuan, dan lain sebagainya.

Kamu tentunya tidak hanya harus menguasai hard skill, tetapi juga soft skill, lho. Nah, berikut ini beberapa skill yang perlu kamu asah dan miliki untuk berkarir di bidang keuangan. Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Skill Yang DIperlukan Untuk Business Development

1. Akuntansi

Bekerja di bidang keuangan tidak akan jauh-jauh dari pengetahuan dan pemahaman yang kuat tentang peraturan akuntansi. Perusahaan memerlukan karyawan dengan kemampuan dan pengetahuan terkait, seperti mencatat transaksi akuntansi, memahami dan mendiskusikan laporan keuangan untuk memberikan nasihat keuangan yang baik untuk perusahaan.

2. Analisis risiko

 

Kemampuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi risiko keuangan berdasarkan data keuangan perusahaan bisa membantu kamu mengambil keputusan bisnis berdasarkan kemungkinan risiko. Skill ini perlu dimiliki jika kamu tertarik untuk menjadi seorang financial risk analyst yang membantu proses manajemen risiko suatu organisasi. 

Baca juga : 3 Skill yang Akan Dicari Beberapa Tahun Kedepan

3. Memahami standar GAAP dan IFRS

Dilansir dari Harvard Business School, Generally Accepted Accounting Principles (GAAP) dan International Financial Reporting Standards (IFRS) merupakan cara menganalisis, mencatat, dan mengelompokkan transaksi bisnis. 

Meski keduanya memiliki beberapa kesamaan, tetapi ada perbedaan dalam penentuan komponen neraca, laporan arus kas, revaluasi aset, dan penggunaan metode penilaian. Memahami kesamaan dan perbedaannya bisa membantu kamu untuk menentukan kapan masing-masing harus digunakan.

4. Analytical thinking

Analytical thinking adalah proses memeriksa hal-hal rinci untuk menemukan lebih banyak wawasan. Analytical thinking diperlukan dalam bidang keuangan untuk menganalisis situasi secara akurat, memahami cara kerja situasi, menafsirkannya, memberi kesimpulan, keputusan, atau respons yang bijaksana. Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk menganalisis data keuangan dan pemecahan masalah.

5. Mementingkan detail

 

Salah satu skill bidang keuangan yang tidak boleh terlewatkan adalah detail-oriented. Sebagian besar pekerjaan di bidang keuangan adalah memasukkan, menganalisis, dan menghitung data keuangan perusahaan sehingga diperlukan keterampilan untuk mengidentifikasi perbedaan yang terdapat dan mengidentifikasi letak kesalahan dalam perhitungan tersebut. 

Itulah dia beberapa skill yang penting untuk berkarir di bidang keuangan, selain itu kamu juga harus memiliki kemampuan menghitung return on investment (ROI) dan berkomunikasi secara tulisan serta verbal, karena berkomunikasi yang baik dapat meningkatkan kepercayaan perusahaan terhadapmu. 

Demikian artikel ini, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Tak Punya Skill, Ini 4 Tips Berkarir Di Industri Teknologi


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar