10 Jenis File Yang Sering Digunakan Di Dunia Kerja
Siker.id | 27 Jun 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Ketika sudah masuk dunia kerja, memahami semua tipe file yang sering digunakan juga merupakan hal penting. Pengetahuan tersebut agar kamu bisa mengetahui file yang tepat dengan tugas yang dikerjakan, serta sebagai pertukaran informasi dengan rekan kerja, atasan, klien dan orang lainnya yang penting.

Nah, berikut ini beberapa jenisnya dari file gambar, dokumen, audio, video hingga presentasi. Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Jenis Outfit yang Tidak Perlu Dipakai ke Kantor

1. Joint photographic experts group (JPEG/JPG)

Pasalnya, JPEG/JPEG merupakan salah satu format gambar yang paling umum digunakan di seluruh dunia. File ini umumnya berukuran cukup kecil, akan tetapi tampilan gambarnya tetap bagus.

2. Portable networks graphic (PNG)

PNG adalah format file gambar yang paling cocok untuk web page, seperti logo atau foto yang dipajang di sana. Resolusinya cenderung lebih rendah dari JPG, jadi tidak direkomendasikan untuk media cetak.

3. Portable document format (PDF)

PDF adalah format dokumen yang saat sudah disimpan, tidak dapat diubah-ubah lagi dengan mudah. Jadi, layout file-mu tidak akan bergeser atau menjadi kacau saat dibuka di komputer mana pun.

Saat mengirim CV untuk melamar kerja, format PDF juga merupakan pilihan yang tak pernah salah. Meskipun sulit diubah saat sudah disimpan, kamu bisa melakukan editing dengan aplikasi khusus.

4. Word document (DOC/DOCX)

Secara umum, DOC dan DOCx adalah tipe file yang paling sering digunakan di dunia kerja. Selain dengan Microsoft Word, format DOC dan DOCX kini bisa dibuka dengan beberapa software lainnya juga.

Ukuran file DOC/DOCX yang tidak begitu besar dapat memudahkanmu mengirim file lewat email maupun aplikasi lainnya. Pengeditan dokumen juga dapat dilakukan dengan mudah, tak seperti PDF.

5. Microsoft excel spreadsheet file (XLS/XLSX)

Selain DOC, kamu juga pastinya akan sering bertemu dengan tipe file berekstensi XLS/XLSX di dunia kerja. File XLS/XLSX sudah pasti berisi spreadsheet dengan tabel dan pelengkapnya.

Baca juga : 4 Jenis Generasi yang Ada di Tempat Kerja

6. Moving picture experts group layer four (MP4)

MP4 adalah file video dalam dunia kerja yang umumnya dapat digunakan di semua perangkat. Para profesional sering berbagi file video dengan format ini karena paling mudah. Selain itu, format MP4 juga bisa di-upload ke website, media sosial, dan tempat lainnya tanpa masalah.

7. QuickTime movie (MOV)

MOV digunakan untuk software QuickTime. Format ini sering digunakan untuk file video yang panjang. Dalam bisnis, kamu bisa menggunakan file MOV untuk proses editing dan pembuatan video promosi.

8. PowerPoint presentation (PPT/PPTX)

Microsoft juga punya tipe file yang diciptakan khusus untuk presentasi di dunia kerja, yaitu PPT atau PPTX. File ini khusus dibuka dengan software PowerPoint dan berisi slideslide presentasi. Tentunya, file PPT/PPTX juga bisa dikirim untuk dibagikan ke rekan-rekan kerjamu.

9. MPEG layer audio 3 (MP3)

Tipe file untuk kerja yang satu ini pasti sudah sangat familier untukmu. Ukurannya yang ringan membuatnya sangat mudah dibagikan. Selain itu, format MP3 lebih umum untuk berbagai perangkat.

10. Waveform audio file (WAV)

File WAV adalah format audio yang memiliki kualitas tinggi. Di dunia kerja profesional, WAV digunakan untuk softwaresoftware Microsoft Windows. Karena kualitasnya tinggi, ukurannya juga lebih besar dari M4A dan MP3.

Itulah dia beberapa jenis file yang sering digunakan dalam dunia kerja, semoga dapat membantumu memahaminya ya!

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga :3 Jenis Cover Letter Di Dunia Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian