Banyak Meeting? Ini 3 Tips Agar Produktif & Bijak Atur Waktu
Siker.id | 27 Jun 2022 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi sedang meeting online (freepik/siker.id)

siker.id - Ketika memiliki jadwal meeting yang padat, tentunya membuat tugas dan tanggung jawab bisa terbengkalai karena banyaknya waktu digunakan untuk meeting. Kamu ingin juga memiliki hari-hari yang lebih produktif dan tidak melulu menghadapi meeting.

Berikut ini ada beberapa tips untuk kamu agar lebih produktif dan bijak mengatur waktu ketika menghadapi banyak meeting. Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Cara Kembali Produktif Dihari Senin

1. Pakai Google Calendar untuk blok jadwalmu

Kantormu memakai Google atau Microsoft Calendar? Coba manfaatkan aplikasi itu untuk mencegah terlalu banyak rapat. Blok satu sampai dua jam kerjamu dalam sehari untuk deep work

Durasi, jadwal, dan frekuensinya bisa kamu atur sendiri sesuai kebutuhan. Meski ada banyak meeting, kamu tetap punya 1-2 jam untuk fokus bekerja. Teknik ini dikenal dengan nama time blocking

2. Delegasi

Punya bawahan atau sedang diminta membimbing tenaga magang? Sebagai tips, saat terlalu banyak meeting, kamu bisa minta mereka untuk mewakilimu.

Dengan begitu, kamu tetap bisa fokus bekerja. Rapat pun tetap kamu hadiri lewat perwakilan.

Baca juga : 3 Manfaat Positif Melakukan Kegiatan Produktif

3. Gabungkan beberapa meeting menjadi satu

Agar tak terlalu banyak meeting, sebagai trik, coba gabungkan agenda-agenda itu menjadi satu. Dengan begitu, rapat bisa lebih efisien. Durasinya mungkin menjadi semakin lama, namun kamu tak perlu berkumpul berkali-kali dengan orang yang sama untuk membahas berbagai topik berbeda.

Tentu saja, penggabungan ini ada batasnya. Kalau kamu mencampur terlalu banyak agenda, durasi rapatnya menjadi sangat lama.

Demikian di atas tadi beberapa tips agar kamu bisa menjadi produktif dan bijak atur waktu disaat banyak meeting, selain itu jika memang terlalu padat jadwal meeting, kamu bisa memilih meeting yang benar-benar penting dan menolak atau tidak menghadiri rapat yang sekiranya tidak terlalu penting.

Lalu, tidak semua hal juga dibicarakan melalui meeting, kamu bisa meminta menggunakan email atau chat. 

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Semoga membantu ya! Terima kasih.

Baca juga : Berikut 5 Hal yang Perlu Dihindari saat Sedang Meeting


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar