3 Cara Merencanakan Karir Ketika Miliki Banyak Passion
Siker.id | 27 Jun 2022 17:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Ketika kamu memiliki banyak hobi dan passion, karir dan masa depan masih bisa tetap kamu rencanakan. Dalam psikologi, dikenal sebagai harmonious passion. Menurut The British Psychological Society, saat seseorang memiliki passion lebih dari satu, hidupnya cenderung terasa lebih bahagia dan sejahtera. 

Berikut ini ada beberapa cara untuk merencanakan karir ketika memiliki banyak passion. Yuk simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Tips Melawan Mitos Karir yang Berkembang

1. Riset dan kenali diri lebih dalam

 

Cara pertama dalam merencanakan karier saat punya banyak passion adalah menyelami dan mengenal diri lebih dalam. Kira-kira apa sih yang menjadi minat kamu, keahlian yang kamu kuasai, yang mau kamu capai, pilih bekerja secara mandiri atau dengan tim, apakah kamu bisa menghasilkan uang dari passion tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu membantumu tahu bedanya antara passion dan hobi yang kamu miliki, lalu memilih mana yang akan jadi kariermu.

2. Coba lakukan eksperimen selama sebulan

 

Coba lakukan salah satu hobimu selama satu bulan berturut-turut. Kamu bisa jadi sukarelawan, mencoba freelancer, atau diskusi dengan orang-orang pada bidang tersebut. Realita bisa membantumu menemukan apakah bidang itu benar-benar passion kamu.

Baca juga : 4 Tips Memulai Karir sebagai Personal Shopper

3. Meminta pendapat orang lain

 

Kamu tidak perlu mencari tahu semuanya sendiri. Terkadang kamu bisa menemukan passion dari pendapat orang-orang terdekatmu. Kalau masih kurang puas, kamu bisa menghubungi konselor karier dan pelatihan untuk mendapatkan masukan.

Demikian di atas tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika ingin merencanakan karir dengan banyak passion yang dimiliki, selain itu kamu juga bisa tes bakat karir agar kamu mengetahui tentang gaya kerja, keahlian yang dikuasai, dan motivasimu.

Sekian artikel ini, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Meniti Karir Di Perusahaan Startup


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar