4 Mitos Networking Penghambat Kamu Berkembang
Siker.id | 27 Jun 2022 16:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Mitos dari networking yang paling dikenal adalah kegiatan ini harus dilakukan dalam ranah profesional saja. Padahal networking bisa dilakukan di lingkungan sosial yang informal juga. Networking yang kuat juga bisa membantumu dalam menambah wawasan, kemampuan, dan banyak lagi.

Maka, berikut ini ada beberapa mitos networking yang menghambatmu untuk berkembang agar bisa kamu hindari. Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Dampak Dari Self Sabotage Pada Karir

1. Introvert tidak jago networking

Nyatanya, networking juga bisa dilakukan secara personal yang tidak terlalu mengintimidasi. Jenis networking ini sangat cocok dilakukan oleh seorang introvert. Kamu bisa menghubungi seseorang lewat email atau kontak yang tertera di kartu nama untuk memulai pembicaraan. 

2. Networking hanya dilakukan untuk dapat pekerjaan

Networking tidak selalu dilakukan dengan C-levels dari sebuah perusahaan, atau salah satu staf HR-nya. Terlepas dari jabatannya, networking dengan individu dengan profesi atau minat yang sama, dapat membantumu asah soft skill dan hard skill. Hal ini tentu menguntungkan karena kamu berkesempatan untuk lebih menonjol dari kandidat lainnya. 

Baca juga : 3 Kesalahan Sepele Ini Merusak Karir

3. Tidak menjadi diri sendiri saat networking

Kunci networking yang sukses adalah kemampuan kamu untuk menjadi diri sendiri saat berbicara dengan orang lain.  Kamu tidak bisa membangun kepercayaan dan pembicaraan yang autentik jika berusaha menjadi orang lain. Mungkin akan sulit untuk membuka diri, tapi menjadi diri sendiri bisa menciptakan pembicaraan yang lebih mendalam. 

4. Bertukar kartu nama saja termasuk networking

 

Siapa di sini yang selalu bertukar kartu nama tapi tidak pernah saling menghubungi dan memulai suatu pembicaraan?  Kartu nama yang kamu sebarkan atau simpan tidak ada artinya, jika tanpa koneksi yang terbentuk dari situ.

Itulah dia beberapa mitos yang membatasimu dari kegiatan networking, selain itu ada mitos juga jika memiliki banyak pengalaman, tidak perlu networking. Nyatanya, dengan networking, kamu bisa bertemu dengan orang-orang yang lebih berpengalaman dan mendapatkan bantuan serta jawaban ketika kamu menghadapi masalah dalam karirmu.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Risk Taking Untuk Karir Melejit


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar