4 Pertanyaan Seputar Interview Posisi Network Engineer
Siker.id | 28 Jun 2022 10:00


Bagikan ke
Pertanyaan seputar network engineer (siker)

siker.id - Bekerja sebagai network engineer mengharuskan seseorang untuk memiliki beberapa skills yang tentu akan ditanyakan saat interview. Selain skills teknis di bidang perencanaan, pembangunan, dan pengelolaan jaringan, seorang calon network engineer perlu memiliki soft skills di berbagai bidang, khususnya komunikasi. Nah bila memang saat ini kamu sudah mulai fokus dan tertuju pada karir network engineer, maka kamu perlu beberapa daftar pertanyaan yang biasa ditanyakan saat interview berikut ini!

Baca juga: 4 Kiat Mempersiapkan Diri Sebelum Panel Interview

Bagaimana proses Anda untuk memecahkan masalah?

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan umum bagi seorang network engineer dalam menangani permasalahan jaringan atau troubleshooting. Pewawancara ingin mengetahui atau melihat kamu menjelaskan proses logis dalam memecahkan masalah seperti ini dalam iklim perusahaan. Sebagai seorang network engineer, kamu perlu menjelaskan proses secara bijak beserta metodologi yang menyeluruh dan bersifat analitis. Tak hanya itu, kamu juga perlu menjelaskan sumber daya apa yang akan digunakan ketika kamu kebingungan menghadapi masalah jaringan dengan tekanan perusahaan sedemikian rupa.

Apa kelemahan terbesarmu untuk menjadi network engineer?

Nah, yang satu ini adalah pertanyaan jebakan. Kamu mungkin akan berpikir bahwa kamu tidak memiliki kelemahan, tetapi secara logis perusahaan yang tengah mewawancarai kamu tahu bahwa tidak ada kandidat yang sempurna. Artinya, kamu diajak untuk mengenali diri dan sadar akan kelemahan serta usaha yang akan kamu lakukan untuk mengurangi kelemahan itu. Apapun kelemahannya, kamu perlu menjelaskan secara lugas beserta solusinya.

Baca juga: 4 Tips Membuat Kandidat Nyaman saat Interview

Apa jaringan terbesar yang pernah Anda rekayasa?

Pertanyaan untuk calon network engineer yang satu ini bersifat teknis karena berhubungan dengan proses rekayasa atau deploy jaringan. Kamu bisa menjawabnya dengan proyek rekayasa yang pernah kamu buat secara jujur agar pewawancara tahu kapasitas dan kemampuanmu lewat pengalaman tersebut. Kamu bisa menjawab pertanyaan ini dengan menjelaskan proses logis dari rekayasa yang pernah kamu buat. Kamu bisa menggunakan metode STAR (Situation, Task, Action, and Result) untuk menggambarkan masalah dan bagaimana kamu menanganinya secara holistik. Inti dari jawabanmu nanti adalah kejujuran dan koherensi proses kerja yang pernah kamu lakukan.

Bisakah Anda menggambar topografi jaringan yang pernah Anda kerjakan sebelumnya dan menjelaskannya kepada kami?

Salah satu tugas utama seorang network engineer adalah membuat cetak biru (blueprint) dari rancang atau rekayasa jaringan untuk suatu perusahaan atau organisasi. Oleh karena itu, seorang calon network engineer harus memiliki portofolio berisi sketsa diagram rancangan jaringan dan mampu menjelaskannya. Pertanyaan ini mengarah pada proses kamu bisa menggambar dan menjelaskan portofoliomu.

Sekian artikel tentang daftar pertanyaan seputar network engineer. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 4 Tips HRD Menyiapkan Interview Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar