4 Tugas dan Tanggung Jawab Area Regional Manager
Siker.id | 28 Jun 2022 07:00


Bagikan ke
Tugas area regional manager (siker)

siker.id - Area regional manager adalah profesi yang bertugas mengelola dan bertanggung jawab mengurus cabang perusahaan di sebuah daerah. Tiap perusahaan memiliki ketentuan masing-masing terhadap posisi area regional manager ini. Contohnya, terkait cakupan area yang dikelola, apakah terbatas pada satu kantor cabang saja atau mengelola beberapa perusahaan dalam satu daerah tertentu. Lalu apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab seorang area regional manager? Berikut ulasannya!

Baca juga: 4 Zodiak Yang Cocok Jadi Manager

Meningkatkan kinerja dan kualitas SDM di kantor area

Perusahaan yang baik tentu akan memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Salah satu tugas dan tanggung jawab area regional manager adalah memastikan bahwa tiap karyawan di dalam area tersebut memiliki kinerja yang baik dan pihak perusahaan telah memberikan yang terbaik pula pada karyawan tersebut. Seorang area regional manager adalah koordinator yang paling dekat dengan kantor regional. Mereka lebih memahami kondisi lapangan dan keseharian karyawan yang bekerja pada perusahaan cabang. Karena itulah area regional manager cukup tepat untuk mengawasi kinerja karyawannya.

Berdiskusi dan melaporkan progres kepada manajemen

Tiap bulan, seorang area regional manager perlu melaporkan kondisi dan rekap pendapatan kantor cabang kepada manajemen. Selain itu, manager area juga akan memberikan solusi serta strategi untuk memajukan kantor cabang agar tercapai target yang telah ditentukan sebelumnya. Kemudian, dari sinilah pihak manager akan memberikan masukan dari strategi yang akan diupayakan.

Baca juga: Beberapa Hal yang Perlu Dikuasai Product Manager

Memantau operasional perusahaan di area

Dalam tugasnya, area regional manager perlu memantau operasional serta kegiatan sehari-hari di kantor area tersebut. Setidaknya semua telah berjalan dengan baik serta sesuai dengan ketentuan yang ada. Selain itu, manager area juga akan menilai apakah ada yang perlu ditingkatkan baik di sisi SDM, fasilitas atau mengevaluasi strategi yang digunakan agar target tercapai.

Mengoptimalkan performa kantor area

Adanya seorang area regional manager diharapkan bisa meningkatkan penghasilan serta performa kantor di area cabang. Tidak jarang tiap perusahaan memiliki target masing-masing untuk tiap kantor area. Target ini bisa berupa pendapatan akhir atau matriks lainnya. Seorang area regional manager perlu memikirkan strategi yang tepat agar target tersebut tercapai. Seperti yang diketahui bahwa tiap daerah memiliki kondisi yang berbeda-beda, misalnya dari kondisi target pasar yang ada di sekeliling area tersebut. Dari sinilah seorang area regional manager perlu menentukan taktik yang tepat dan sudah disesuaikan dengan target pasar di area tersebut.

Sekian artikel tentang tugas dan tanggung jawab seorang area regional manager. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: TIPS MENJADI PROJECT MANAGER


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar