4 Cara Jitu Atasi Monday Blues
Siker.id | 27 Jun 2022 14:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.idMonday blues merupakan munculnya sebuah emosi negatif yang akan dirasakan seseorang di awal pekan atau penghujung akhir pekan. Emosi-emosi negatif ini spesifiknya dirasakan sesaat atau ketika harus memulai rutinitasnya di hari Senin. Dampaknya bisa cukup mengganggu, seperti membuat bad mood, strest, produktivitas menurun, dan banyak lagi.

Permasalahan ini umumnya berbeda dengan depresi, sebab emosi negatif yang dirasakan ketika depresi tidak memiliki waktu spesifik seperti halnya monday blues. Penyebab dari Monday blues, seperti kurang bersenang-senang atau kurang istirahat saat akhir pekan, ada tekanan pekerjaan menunggu di hari Senin, dan punya problem di lingkungan kantor.

Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi adanya Monday blues, simak dibawah ini.

Baca juga : 5 Tips Mengatasi Hari Buruk di Tempat Kerja

1. Memaksimalkan liburan di akhir pekan

 

Akan sangat baik sementara waktu, hindari dulu mengecek email ataupun hal-hal lain yang berhubungan dengan pekerjaan ketika tanggal merah. Besar kemungkinan, momen dan vibes hari libur akhir pekan akan hilang jika kamu melakukan hal-hal tadi. Untuk itu, pastikan kamu memaksimalkan akhir pekan untuk melakukan aktivitas menyenangkan dan beristirahat, ya.

2. Rencanakan agenda untuk hari Senin depan

 

Membuat rencana di akhir pekan bisa menjadi hal yang sangat menguntungkan. Hal tersebut dapat membuat hari Senin menjadi jauh lebih ringan ketimbang tidak mempersiapkan rencana sama sekali.

Paling nyamannya, kamu bisa memastikan diri agar tidak over schedule di hari Senin. Ketika over schedule terjadi atau pekerjaan cukup menumpuk di awal pekan, hari Senin akan terasa lebih menekan dan membebani.

Baca juga : 3 Cara Mengatasi Kesepian Di Tempat Kerja

3. Hindari begadang, usahakan bangun pagi

 

Saat Minggu malam tiba, ada baiknya kamu memutuskan untuk lebih cepat tidur. Atau paling tidak, kamu tidak begadang. Hari Senin akan menjadi melelahkan jika energi yang ada dalam tubuh tidak penuh hanya karena masalah kurangnya waktu tidur. Selain itu, akan lebih baik lagi kalau di hari Senin kamu bangun cukup awal. Jadi, persiapan menuju kantor akan lebih cepat daripada biasanya.

4. Melakukan aktivitas menyenangkan usai bekerja

Perasaan lesu karena monday blues juga bisa diatasi dengan cara membuat rencana menyenangkan setelah pulang kerja. Misalnya, kamu bisa membuat rencana untuk hangout bersama teman-temanmu. Atau, mungkin kamu juga bisa berencana untuk melakukan aktivitas favoritmu selepas kerja.

Memiliki rencana menyenangkan setelah pulang kantor seperti itu dapat mendistraksi perasaan negatif yang muncul di hari Senin. Selain itu, kamu juga bisa lebih bersemangat karena ada aktivitas menyenangkan yang menunggu untuk menutup hari.

Demikian di atas beberapa hal yang bisa mengatasi monday blues, semoga membantu untuk mengurangi emosi negatif yang muncul pada dirimu, ya!

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Buat Mengatasi Demam Panggung


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian