3 Alat Bantu Bikin Presentasimu Lebih Menarik
Siker.id | 27 Jun 2022 13:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Menyajikan presentasi agar lebih menarik tentunya tidak hanya slide dari PowerPoint dan layar di papan, tetapi kamu juga membutuhkan alat-alat bantu yang perlu disiapkan untuk presentasi. Selain itu, alat-alat yang membantu dalam presentasi ini terbukti untuk meningkatkan fokus audiens, lho.

Nah, berikut ini beberapa alat-alat untuk membantu presentasimu agar lebih menarik. Simak dibawah ini.

Baca juga : Pentingnya Menyiapkan Presentasi Bisnis yang Menarik

1. Webcam eksternal

 

Teknologi ini sifatnya sangat penting, terutama jika kamu hendak melakukan presentasi online dari rumah, sebab kamera bawaan dari laptop biasanya memiliki kualitas yang kurang memadai. Maka, tidak ada salahnya untuk membeli webcam eksternal agar kamu bisa tingkatkan kualitas video dan memberikan fleksibilitas tambahan.

2. Papan tulis

 

Papan tulis atau alat bantu tulis lainnya, dapat kamu manfaatkan sebagai penunjang visualisasi konsep. Tak hanya itu, alat tersebut juga berguna saat kamu harus menjabarkan contoh apabila ada audiens yang bertanya. Kamu bisa membelinya di toko serbaguna atau meminjamnya pada pihak general affairs di kantor.

Baca juga : 4 Tips Opening Presentasi Yang Menarik

3. Microphone

 

Teknologi ini diperlukan sebagai pengganti microphone bawaan headset yang cenderung mudah rusak. Selain itu, kualitas yang ditawarkannya pun jauh lebih baik bila dibandingkan dengan mic dalam headset. Ingat, meskipun kamu memiliki slide presentasi yang menawan, audiens tidak akan sepenuhnya memahami materi bila suara presentator tidak terdengar dengan baik.

Itulah dia beberapa alat-alat yang bisa membantu kamu dalam presentasi agar lebih menarik, selain itu kamu juga bisa menambahkan pencahayaan, ini merupakan salah satu tool yang penting apalagi jika kamu mengadakan presentasi secara virtual dan di ruangan yang kurang terang.

Sekian artikel ini, semoga membantu ya! Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Hindari 3 Kesalahan Ini Ketika Presentasi


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar