4 Pekerjaan buat yang Hobi dengan Musik
Siker.id | 27 Jun 2022 14:30


Bagikan ke
Pekerjaan buat yang hobi bermusik (siker)

siker.id - Untuk langsung terjun ke dunia musik, seseorang tidak melulu harus menjadi musisi. Sebab, di luar sana ternyata ada beberapa jenis pekerjaan untuk kamu penikmat dan pencinta musik. Mungkin bagi kamu jenis pekerjaan untuk pencinta musik ini masih asing, namun rupanya memang benar ada! Bagi kamu si pencinta musik dan ingin terjun ke bidang musik, berikut sederet jenis pekerjaan yang berkaitan dengan dunia musik.

Baca juga: 6 Pekerjaan yang Masuk Kategori International Sales

Recording engineers

Recording engineers memiliki tugas untuk merekam, mengedit, dan mencampur suara untuk artis atau perusahaan musik. Mereka mengelola aspek artistik dan teknis dari suatu sesi rekaman. Mereka biasanya bekerja dengan produser musik, editor suara film, komposer musik atau pengaransemen lagu. Profesi ini juga dapat bekerja untuk perusahaan produksi televisi atau dibutuhkan dalam penyelenggaraan konser.

Konduktor musik

Pasti kamu tidak asing dengan pekerjaan yang satu ini, Ya, konduktor musik adalah orang yang bertanggung jawab untuk memimpin suatu orkestra atau paduan suara. Mereka akan memilih dan mengatur musik untuk pemain mereka. Selain itu, mereka juga yang biasanya memimpin latihan dan pertunjukan. Konduktor musik biasanya memimpin band sekolah, paduan suara gereja, orkestra pemuda, dan perusahaan pertunjukan. Beberapa bahkan bekerja untuk perusahaan televisi atau radio.

Baca juga: 3 Jenis Pekerjaan Yang Rawan Kecelakaan Kerja

Guru musik

Kalau kamu ahli dalam bermain alat musik tertentu dan memiliki kemampuan untuk mengajar, tak ada salahnya untuk melamar atau bekerja sebagai seorang guru musik. Kamu bisa menjadi guru musik untuk sekolah, instansi, ataupun sebagai pengajar freelancer. Sebagai guru musik, kamu dapat berbagi keterampilan dengan siswa yang cenderung menyukai dan memiliki bakat di dunia musik. Ini adalah cara yang luar biasa untuk membentuk suatu komunitas dan membantu siswamu dalam mengembangkan bakat dan mengajari mereka dasar-dasar musik.

Jurnalis musik

Jika kamu lebih suka pekerjaan yang bersifat di belakang layar, maka jurnalisme musik bisa menjadi jawaban yang tepat. Menulis untuk majalah musik, seperti Rolling Stone atau Billboard, ataupun meliput konser merupakan beberapa tugas dari seorang jurnalis musik. Jurnalis musik juga bisa menuliskan profil artis maupun mengulas album baru. Bahkan jika kamu pekerja lepas atau bekerja untuk media lokal dan memproduksi konten tentang musik lokal, tulisan kamu dapat memengaruhi banyak pembaca untuk lebih terlibat dalam musik.

Sekian artikel tentang jenis pekerjaan buat yang hobi musik. Jika menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Pekerjaan Paling Dicari Lima Tahun Ke Depan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar