4 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Toxic
Siker.id | 27 Jun 2022 10:00


Bagikan ke
Cara hadapi rekan kerja yang toxic (siker)

siker.id - Apakah saat ini kamu sedang berada dalam situasi atau di lingkungan yang toxic? Dengan segala perilakunya yang menyebalkan, orang toxic sulit sekali buat dihindari. Di beberapa tempat, selalu saja ada orang toxic, seperti di lingkungan kerja. Berada di lingkungan kerja yang dipenuhi orang-orang toxic sangat menguji mental dan kesabaran. Jika saat ini kamu sedang merasakannya, bagaimana cara yang baik untuk menyikapinya? Berikut beberapa cara menyikapi rekan kerja yang toxic.

Baca juga: 4 Tanda Karyawan yang Toxic di Tempat Kerja

Beri reaksi biasa saja jika diajak bicara

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah berikan reaksi biasa saja atau netral ketika diajak bicara. Hal itu secara otomatis akan membuatnya tidak begitu nyaman berada di dekatmu. Sebab, ketidaknyamanan yang kamu berikan bisa jadi ia akan menjauhimu. Saat dirinya menjauh, ia tak akan berpeluang untuk mengganggumu.

Jangan menceritakan sikap rekan kerja pada orang lain

Cara selanjutnya untuk menyikapi rekan kerja yang toxic adalah dengan tidak ikut-ikutan juga menjadi toxic bagi orang lain. Sebab, apa bedanya kamu dengan rekan kerjamu yang toksik itu jika sama-sama membuat orang lain terganggu atas perilakumu. Lebih baik biarkan saja orang lain yang menilai tentang rekan kerjamu yang sebenarnya toxic, tanpa perlu menyebarluaskannya. Sebab, menyebarkan keburukan itu juga sama saja sikap orang toxic.

Baca juga: 3 Cara Basmi Hal Toxic Dalam Diri

Jangan ikut campur urusannya

Jika rekan kerjamu toxic, maka cara berikutnya dalam menyikapinya adalah dengan tidak ikut campur urusannya yang tidak ada kaitanya denganmu. Jika tidak, maka yang akan kamu rasakan ialah terkena dampak dari perbuatannya yang mengesalkan. Namun, jika urusan itu menyangkut dirimu, maka kamu wajib untuk melawannya. Itu dilakukan agar dia tahu bahwa dirimu tidak suka diperlakukan seenaknya.

Jangan terlalu dekat dengannya

Menjalin kedekatan dengan rekan kerja yang toxic akan membahayakan dirimu. Sebab, orang-orang toxic memiliki sifat yang sering merugikan dan menyusahkan. Sebaiknya, jauhi dan hindari orang-orang seperti ini supaya tidak mempengaruhi kinerjamu. Bangun sekat dengannya supaya tidak ada celah dirinya mengganggumu.

Sekian artikel tentang tips hadapi rekan kerja toxic. Jika menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Tips Hadapi Lingkungan Kerja yang Toxic


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar