3 Tips Jitu Yakinkan Orang Tua Akan Pilihan Karirmu
Siker.id | 26 Jun 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Setiap orang pasti memiliki pekerjaan dan karir yang diimpikan. Sebelum bekerja dan berkarir, tentunya kita meminta izin restu orang tua, karena restunya adalah jalan penentu karir kita nantinya. Butuh banyak cara untuk meyakinkan orang tua akan pilihan karir kita di masa depan.

Namun, apabila suatu saat tidak mendapatkan izin restu orang tua atas karir yang kamu pilih, berikut ini ada beberapa tips jitu untuk meyakinkannya.

Baca juga : 3 Tips Cepat Adaptasi Di Kantor Baru

1. Lakukan riset seputar karier yang akan kamu tuju

Sebelum melakukan diskusi dan meminta persetujuan orang tua, kamu sebaiknya cari tahu seluk-beluk seputar profesi impianmu. Cari apa saja pilihan karier, jenjang karir, hingga gaji rata-rata untuk profesi tersebut.  Tentu saja, hal ini akan mempermudah dalam menjelaskan pada orang tua dan meyakinkan mereka soal pilihan kariermu. 

2. Tunjukkan niatmu

 

Ketika berbicara dengan orang tua, tunjukkan bahwa kamu yakin dengan pilihan karier tersebut. Jika kamu terdengar ragu-ragu atau tidak begitu niat, justru orang tuamu akan ikut ragu dan khawatir. 

Jelaskan semua persiapanmu dalam mengambil langkah ini, misalnya dari membuat target, mencari tahu lebih dalam soal profesi ini, hingga berbicara dengan profesional. 

Baca juga : 3 Tips Atasi Hari Buruk Di Kantor Agar Kembali Semangat

3. Bicarakan dengan bahasa sederhana dan jelas

 

Salah satu hal yang menentukan apakah orang tua akan setuju dan yakin dengan pilihanmu adalah cara penyampaiannya pada mereka. Pastikan bahwa kamu menjelaskan dengan jelas dan sederhana. Tak perlu sampai detail, yang penting orang tuamu dapat membayangkan gambaran besar karier impianmu. 

Demikian di atas tadi beberapa tips untuk meyakinkan orang tuamu, selain itu tanyakan alasannya mengapa mereka tidak merestui akan pilihan karirmu. Semoga artikel ini membantu ya!

Sekian, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Tips Meyakinkan Diri Pekerjaan bisa Menjadi Berkah


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar