Bekerja Di Perusahaan Keluarga? Ini 4 Plus-Minusnya
Siker.id | 26 Jun 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Banyak orang memilih untuk memulai dan membangun suatu bisnis dengan anggota keluarga, selain karena tingkat kepercayaan, pastinya juga adanya support dan hubungan dekat yang terjalin. Perusahaan keluarga tidak hanya melulu untuk bergabung, tetapi ada pula yang berpeluang untuk berkarir didalamnya selama bertahun-tahun.

Ketahuilah beberapa keuntungan dan kekurangan jika kamu ingin berkarir di perusahaan keluarga kamu, simak berikut ini.

Baca juga : Berikut Tips Menyeimbangkan Karir dan Keluarga

Keuntungan dan Kekurangan Bekerja di Perusahaan Keluarga

1. Interaksi lebih nyaman

 

Anggota keluarga saling mengetahui cara pendekatan dan interaksi yang paling tepat antara satu sama lain. Hal ini pun membuat suasana kerja lebih rileks dan tentunya efektif.

Tidak hanya suasana lingkungan kerja yang lebih nyaman, bekerja dengan keluarga juga mempermudah pembuatan keputusan, maka menentukan arah dan orientasi bisnis akan jauh lebih mudah dibanding bekerja dengan orang lain.

2. Keamanan

 

Bekerja di perusahaan keluarga bisa memberimu rasa aman dalam jenjang karier. Pasalnya, bisa dipastikan mereka akan mempekerjakanmu untuk waktu yang lama.

Loyalitasmu pada umumnya akan berbuah manis saat bekerja bersama keluarga. Mereka punya kemungkinan lebih menghargaimu dibanding atasan dan rekan kerja di perusahaan biasa.

Baca juga : 3 Alasan jangan Merekrut Anggota Keluarga dalam Bisnis

3. Kurang profesional

 

Hal ini bisa pula menyangkut politik dan permainan kekuatan atas dasar posisi di keluarga. Bahkan, bukan tidak mungkin atasanmu adalah anggota keluarga yang tidak memiliki cukup pengalaman atau kemampuan untuk menggerakkan bisnis.

Selain itu, mungkin sulit untuk menilai anggota keluarga secara objektif. Hal ini terutama mengenai performa dan gaji yang sepantasnya didapatkan berdasarkan kontribusi dan hasil kerja.

4. Konflik pekerjaan terbawa ke rumah dan sebaliknya

 

Ketika ada permasalahan dalam konteks bisnis, akan sulit untuk memisahkannya dengan kehidupan di luar pekerjaan jika bekerja dengan anggota keluarga. Hal ini bisa memperkeruh suasana di kantor dan di rumah. Padahal, tidak mampunya membedakan konflik pekerjaan dan rumah tangga adalah hal yang sangat berbahaya dan mungkin merusak bisnis.

Nah, itulah dia beberapa kekurangan dan keuntungan yang kamu dapat jika ingin berkarir di perusahaan keluarga. Selain itu, bisa menjadi suatu kekurangan jika salah satu anggota keluarga yang tidak memiliki keahlian di bidang tersebut, tetapi bekerja di perusahaan, hal ini bisa menyebabkan nantinya perusahaan tidak berkembang, lho.

Demikian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : Jalankan Bisnis Keluarga? Ini 4 Pertimbangan Sebelum Mulai


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar