3 Tips Jaga Mental Health Saat Cari Kerja
Siker.id | 26 Jun 2022 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Adanya tekanan dari lingkungan dan dalam diri membuat kita mengalami burn out, kadang sampai berujung depresi. Pasalnya, menjaga kesehatan mental itu sangat penting lho saat mencari kerja hingga nantinya bekerja. Mencari kerja juga semakin sulit apabila terdapat permasalahan dalam diri.

Nah, tentunya kamu tidak mau bukan ini terjadai pada dirimu? Berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental ketika mencari kerja,

Baca juga : Berikut 5 Alasan Kerja Berlebihan Tidak Baik Buat Kesehatan

1. Fokus pada apa yang bisa kamu kontrol

 

Melakukan yang terbaik mulai dari memilih lowongan, membuat dan mengirim CV, serta melakukan interview adalah hal-hal yang bisa kamu kendalikan. Sementara, keputusan HR dan hal-hal lainnya adalah di luar jangkauanmu.

Fokuslah hanya pada apa yang bisa kamu kendalikan dan jangan risau memikirkan di luar itu. Jika belum diterima, cobalah lagi lebih baik tanpa harus berlarut-larut menyalahkan diri sendiri.

2. Buat target yang mudah dicapai

 

Menetapkan target seperti “saya harus mendapat pekerjaan bulan depan” termasuk hal yang ada di luar kendalimu. Tidak ada yang tahu apakah lamaranmu pasti akan tembus atau tidak, meskipun sudah dibuat sebaik mungkin. Untuk menjaga kesehatan mental diri saat cari kerja, lebih baik tetapkan tujuan yang lebih mudah.

Baca juga : 3 Tips Meningkatkan Kesehatan Keuangan bagi Karyawan

3. Rehat sejenak

 

Mencari kerja adalah suatu hal yang sangat menguras mental. Jadi, beristirahatlah untuk beberapa hari jika memang itu yang kamu butuhkan. Jika terlalu dipaksakan, dampaknya justru akan negatif bagi psikologismu.

Demikian di atas tadi beberapa tips untuk menjaga kesehatan mental kamu saat mencari kerja, selain itu kamu juga perlu meminta bantuan jika dirasa perlu, seperti meminta bantuan koreksi CV kamu atau mungkin secara emosional misalnya menyemangatimu atau mengobrol tentang perasaan kamu selama melamar pekerjaan.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca juga : 3 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kesehatan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar