Drop Out Saat Kuliah? Ini 3 Cara Agar Dapat Kerja
Siker.id | 24 Jun 2022 18:00


Bagikan ke
Ilustrasi mencari kerja (freepik/siker.id)

siker.id - Mayoritas orang menganggap bahwa seseorang yang mengalami drop out semasa kuliah akan sulit mencari kerja. DO bukanlah akhir dari masa depanmu, karena masih banyak jalan untuk bisa mendapatkan pekerjaan. Jangan merasa minder kalau kamu memutuskan untuk berhenti kuliah atau pernah drop out, karena pasti setiap individu memiliki alasan.

Nah, berikut ini ada beberapa cara untuk mendapatkan pekerjaan meskin kamu pernah mengalami DO.

Baca juga : Berikut Perbedaan Mencari Kerja dan Dicarikan Kerja

1. Dapatkan sertifikasi

 

Makin hari, makin banyak perusahaan yang tak lagi melihat gelar akademis tapi justru lebih fokus pada keterampilan yang dimiliki kandidat. Ada banyak pelatihan skill kerja bersertifikat yang bisa kamu ikuti tanpa perlu persyaratan gelar sarjana.

Kebanyakan program sertifikasi ini bersifat jangka pendek, terjangkau, dan dapat membuka pintu kariermu. Beberapa contohnya termasuk IT support, manajemen proyek, desain grafis, penerjemah, dan analitik data.

2. Update portofolio

 

Supaya dipandang sebagai seorang profesional di mata rekruter, portofolio adalah salah satu nilai jual yang bisa kamu tunjukkan. Maka, jangan lupa untuk update portofoliomu. Apalagi kalau kamu punya karya-karya kreatif seperti tulisan, desain grafis, lukisan, fotografi dan editing,  film pendek, programming, atau musik.

Baca juga : 3 Tips Mencari Informasi tentang Magang

3. Ikut volunteering

 

Ikut kegiatan volunteer tidak perlu gelar sarjana. Siapa pun bisa melakukannya. Menjadi relawan merupakan peluang yang bagus untuk mengabdi ke masyarakat sekaligus bantu menyukseskan kampanye isu-isu sosial yang kamu dalami. Pengalaman ini juga dapat menggantikan banyak hal yang kamu tidak dapatkan di bangku kuliah.

Bekerja sebagai relawan menawarkan kamu kesempatan untuk menggunakan pengetahuan, memperluas wawasan, dan menjalin hubungan dengan orang dari berbagai kota atau bahkan sudut dunia. Kerja volunteering bisa membantu kamu memperoleh skill profesional yang mungkin tak terpikirkan tapi berguna bagi perjalanan karier kamu nantinya.

Itulah dia beberapa cara untuk mendapatkan pekerjaan untuk kamu yang pernah mengalami drop out, selain itu kamu juga bisa bekerja paruh waktu dan memanfaatkan networking kamu.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Hal yang Bisa Dilakukan saat Mencari Kerja


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar