3 Tips Penerapan Gaya Kepemimpinan Otokratis
Siker.id | 26 Jun 2022 12:00


Bagikan ke
Menerapkan gaya kepemimpinan otokratis (siker)

siker.id - Jika berbicara mengenai organisasi, tentu tidak akan terlepas dengan namanya seorang pemimpin. Posisi ini tentu akan berperan sangat berpesar, terlebih lagi dalam hal berorganisasi dan mengatur lingkup organisasi tersebut. Berbicara mengenai pemimpin, salah satu gaya kepemimpinan yang perlu dikenali adalah gaya otokratis. gaya kepemimpinan otokratis adalah cara seseorang memimpin organisasi atau lingkupnya dengan mengunggulkan kekuasaan tanpa “ikut campur” dari suara anggota di dalamnya. Atau singkatnya, otokratis merupakan kepemimpinan yang menomor satukan kuasa dalam menentukan keputusan. Lalu bagaimana tips penerapan gaya kepemimpinan otokratis? Berikut ulasannya!

Baca juga: 4 Pertanyaan dan Jawaban seputar Kepemimpinan

Sampaikan target kepada ketua tiap divisi

Dalam sebuah organisasi atau perusahaan, akan ada beberapa divisi yang bergerak di bidang yang berbeda-beda. Dari tiap divisi tersebut dipimpin seorang ketua yang disebut dengan ketua divisi. Sebagai seorang pemimpin perusahaan secara keseluruhan, ada baiknya kamu menyampaikan target yang ingin dicapai dengan jelas kepada ketua divisi. Harapannya, ketua divisi akan menyampaikan target yang diinginkan kepada tiap anggotanya, sehingga semua bagian dalam perusahaan atau organisasi sudah cukup jelas mengerti target yang akan dicapai.

Ajak diskusi saat proses menjalankan ketentuan

Pada gaya kepemimpinan otokratis, pemimpin akan menentukan target atau keputusan sendiri. Namun, untuk mencegah terjadinya hal buruk yang berkaitan dengan sosial di dalam perusahaan, maka ada baiknya mengajak diskusi anggota mengenai proses untuk mencapai goals. Awalnya pemimpin akan mempresentasikan hasil yang ia telah tentukan sebelumnya lengkap dengan beberapa rencana untuk mencapainya. Kemudian, kamu bisa membuka diskusi hanya untuk membahas prosesnya saja, bukan goals akhirnya.

Baca juga: 3 Gaya Kepemimpinan yang Perlu Dihindari di Tempat Kerja

Beri motivasi kepada tim yang mendukung

Otokratis memang akan memicu adanya demotivasi dari karyawan karena merasa pemimpin yang otoriter dan tidak mau mendengarkan suara mereka. Padahal, gaya kepemimpinan ini dipilih juga demi kebaikan bersama. Untuk mencegah hal tersebut menjadi semakin buruk, cobalah untuk beri motivasi kepada tim kamu. Cari cara yang paling tepat sesuai instansi yang kamu pimpin.

Sekian artikel tentang tips menerapkan gaya kepemimpinan otokratis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 3 Gaya Kepemimpinan di Tempat Kerja


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar