icon Logo
Start a Conversation Hi! Click one of our member below to chat on Whatsapp
Berikut Peluang Kerja Lulusan D3 Keuangan dan Perbankan
Siker.id | 23 Nov 2021 08:00


Bagikan ke
Lulusan D3 Keuangan dan Perbankan memiliki prospek kerja yang tidak kalah dengan lulusan ekonomi maupun yang lainnya. (siker)

siker.id - Mahasiswa program studi (prodi) keuangan dan perbankan akan mempelajari ilmu-ilmu ekonomi secara umum sampai khusus di sektor perbankan. Selain itu prodi yang mayoritas berada pada jenjang diploma ini juga mempelajari pengetahuan mengenai lembaga keuangan lainnya. Melihat industri perbankan yang gak ada matinya, tentu prospek kerja di dunia perbankan akan terus terbuka luas untuk lulusan keuangan dan perbankan. Tetapi bukan berarti lulusan program studi ini hanya bisa bekerja di bank lho. Nyatanya dengan ilmu yang sudah dipelajari, ada banyak prospek kerja untuk lulusan program studi ini. Berikut beberapa pilihan prospek kerja lulusan keuangan dan perbankan!

Baca juga: Berikut Ini Peluang Kerja Lulusan Pendidikan Ekonomi

Makelar Saham

Makelar saham atau dikenal juga dengan broker saham atau pialang saham adalah orang yang memiliki izin atau lisensi melakukan transaksi jual-beli saham di bursa efek. Broker saham bertugas sebagai penghubung investor untuk transaksi jual beli saham, obligasi, dan mata uang asing di pasar modal. Biasanya, para broker saham bekerja di bawah sebuah perusahaan yang tergabung dalam bursa efek karena mereka harus bekerja sesuai etika bursa. Nah, yang keren broker saham berperan memberikan masukan kepada investor untuk membeli ataupun menjual saham mereka.

Bagian Penjualan di Lembaga Keuangan

Staf bagian penjualan (sales) di lembaga keuangan punya tanggung jawab dalam menjalankan kegiatan penjualan produk-produk keuangan, seperti tabungan, deposito, kartu kredit, kredit kepemilikan rumah (KPR), kredit kepemilikan kendaraan bermotor, pinjaman untuk modal usaha, dan sebagainya. Sales di lembaga keuangan juga memiliki tugas mengembangkan mitra bisnis untuk menjual berbagai macam instrumen keuangan, seperti dana investasi.

Manajer Investasi

Prospek kerja ini berhubungan pada produk investasi reksa dana. Bagi yang belum tahu, reksa dana merupakan wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor). Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito. Jika sudah dibeli, manajer investasi kemudian akan mengatur kapan saham tersebut akan dijual, kapan dilepas, serta harus berapa banyak dana cash untuk disimpan.

Staff Administrasi Keuangan

Pekerjaan satu ini andalan para fresh graduate selain bekerja di Bank, saat kuliah di prodi keuangan dan perbankan Anda juga akan dibekali dengan mata kuliah akuntansi. Nah bekal ini yang akan menjadi modal pada karier sebagai staff administrasi keuangan. Contoh job desc pekerjaan ini antara lain membuat, memeriksa dan mengarsip faktur atau nota supplier sampai melakukan stock opname barang setiap bulan atau mengecek ketersediaan barang dan laporan keuangan.

Baca juga: Lulusan Administrasi Fiskal Berikut Prospek Kerjanya

Pegawai Asuransi

Pegawai asuransi yang juga dikenal sebagai agen asuransi adalah orang yang bertindak untuk menawarkan dan memasarkan produk asuransi untuk dan atas nama penanggung. Penanggung di sini menunjuk pada perusahaan asuransi yang diwakilinya. Dalam menjalankan tugas, agen asuransi bertanggung jawab memasarkan dan menjual jasa asuransi untuk jaminan kerugian yang disebabkan oleh sakit, kecelakaan mobil, kebakaran, gempa bumi, dan sebagainya.

Bagian Keuangan

Berbicara mengenai bagian keuangan di perusahaan merupakan salah satu bagian yang penting. Nah tentu hal ini menjadikan tim yang tergabung di dalam bagian keuangan juga menjadi tim yang penting dalam unit kerja perusahaan. Karena peran bagian keuangan adalah mengatur segala urusan keuangan yang menyangkut perusahaan. Urusan keuangan yang dipegang tim keuangan antara lain pencatatan transaksi, mengelola pemasukan dan alur kas serta melakukan kegiatan akuntansi termasuk pembayaran.

Internal Auditor berbagai Lembaga

Internal Auditor sangat diperlukan dalam melakukan pengawasan pada suatu perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien. Pengawasannya sendiri sangat luas, contohnya pengawasan akuntansi yang meliputi prosedur yang menyangkut pengamanan harta benda dan catatan pembukuan.

Sekian artikel tentang peluang kerja lulusan keuangan dan perbankan. Bila menyukai artikel ini bisa Anda bagikan. Dan jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: Karir Apa yang Cocok Bagi Lulusan Ekonomi Manajemen?


Editor: Theo Adi -

     

Komentar