4 Manfaat Penerapan Produk Classification dalam Bisnis
Siker.id | 25 Jun 2022 07:00


Bagikan ke
Manfaat dari produk classification (siker)

siker.id - Sejak bertahun-tahun, klasifikasi produk atau product classification adalah istilah pemasaran produk yang sudah populer. Sesuai namanya, product classification merupakan pengelompokan produk berdasarkan kategori tertentu. Kategori ini bisa mengubah cara perusahaan memasarkan produk dan menetapkan harga, serta metode distribusinya. Bagi kamu yang berkecimpung di dunia marketing atau penjualan, sangat penting memahami apa itu product classification. Lalu apa saja yang menjadi manfaat dari product classification ini? Berikut penjelasannya!

Baca juga: Apa Itu Riset Produk? Apa Manfaatnya? Yuk Pahami!

Pemasaran

Manfaat product classification yang pertama adalah pemasaran. Seringkali, tim marketing merancang sebuah iklan produk sesuai jenis klasifikasinya masing-masing. Dengan adanya product classification bisa saja mempengaruhi besar kecilnya anggaran dan fokus kampanye dari produk itu sendiri.

Permintaan

Product classification dapat memberikan manfaat dalam hal permintaan pasar. Umumnya, konsumen kebanyakan akan lebih sering membeli produk kebutuhan sehari-hari ketimbang produk khusus. Hal ini sejalan karena memang kebutuhan pokok pasti yang lebih diutamakan. Sehingga, perusahaan harus menambah jumlah produksinya dan tim marketing juga harus lebih giat mengiklankan.

Baca juga: 3 Kesalahan Fatal saat Menawarkan Produk

Pengembangan dan riset produk

Ketika memutuskan produk mana yang akan dikembangkan atau diproduksi, perusahaan akan melihat dulu product classification. Karena setiap jenis produk memiliki strategi pemasaran berbeda. Permintaan produk akan berperan dalam bagaimana perusahaan membuat product classification, serta pengembangan dan riset suatu produk.

Harga

Selanjutnya, manfaat product classification adalah dari segi harga yang sudah ditentukan distributor dan ritel. Kebanyakan barang-barang untuk kebutuhan sehari-hari cenderung lebih murah ketimbang produk lainnya.

Sekian artikel tentang manfaat adanya product classification dalam sebuah bisnis. Bila menyukai artikel ini bisa dibagikan pada banyak orang. Jika ada kritik dan saran bisa tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga: 5 Strategi Ampuh Memasarkan Produk Makanan


Reporter: Theo Adi
Editor: -

0     0    

Komentar