3 Hal Yang Perlu Diketahui Saat Hari Pertama Kerja
Siker.id | 24 Jun 2022 15:00


Bagikan ke
Ilustrasi hari pertama masuk kerja (freepik/siker.id)

siker.id - Hari pertama masuk kerja pasti membuat dirimu gugup, tetapi kamu harus tetap percaya diri dan berani untuk menyapa dan bertanya terlebih dahulu. Penting untuk kamu mengetahui apa saja pertanyaan yang diajukan untuk hari pertama kerjamu pada rekan kerja atau atasanmu.

Tidak semua atasan memberikan tugas atau pekerjaan dengan perintah atau informasi yang jelas dan terperinci. Maka, baiknya kamu harus bisa aktif di hari pertama kerjamu. Berikut ini beberapa hal yang harus kamu ketahui dan tanyakan saat masuk hari pertama kerja.

Baca juga : Berikut Alasan Karyawan Resign Sebelum 90 Hari Kerja

1. “Apa yang harus jadi fokus saya hari ini?”

 

Pertanyaan ini penting untuk kamu tanyakan di hari pertama kerja, paling tidak kamu harus mengetahui apa yang perlu kamu selesaikan di hari pertama ini.

Bisa saja, perusahaan hanya menginginkanmu untuk memahami alur kerjamu, tetapi bisa saja perusahaan juga punya tugas spesifik yang harus kamu selesaikan di hari pertama.

2. “Kepada siapa saya harus melapor?”

 

Sebenarnya, menurut Ininformasi ini bisa saja bisa ditemukan di struktur organisasi perusahaan. Selain itu, bisa saja kamu sudah bertemu orangnya saat user interview.

Akan tetapi, bisa jadi atasanmu bukanlah orang yang mewawancaraimu. Selain sekadar mengetahui orangnya, kamu juga bisa langsung menyapa atasanmu ini di hari pertama.

Baca juga : 3 Faktor Penyebab Energi Rendah Setiap Hari

3. “Seberapa sering saya harus mengabari tentang pekerjaan?”

 

Setelah mengetahui siapa atasanmu, pertanyaan ini bisa langsung kamu ajukan di hari pertama kerja. Setiap atasan atau manajer memiliki preferensinya masing-masing soal ini.

Beberapa orang punya gaya komunikasi yang terbuka, alias kamu bisa menghubunginya kapan saja. Sementara, beberapa orang lainnya mungkin lebih suka berkomunikasi tentang update pekerjaan di sesi khusus.

Demikian di atas tadi beberapa hal yang harus kamu tanyakan dan juga kamu ketahui di hari pertama kerja, selain itu tanyakan juga apa saja schedule yang kamu fokuskan seminggu ini. Ingat, kamu harus aktif karena bagaimanapun kamu adalah karyawan baru.

Sekian artikel ini, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Atasi Hari Buruk Di Kantor Agar Kembali Semangat


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar