Bisa Kerja Darimana Saja, Ini Dia 3 Tips Jadi Digital Nomad
Siker.id | 24 Jun 2022 14:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Digital nomad adalah salah satu profesi dimana ia bisa bekerja dimana saja. Contoh pekerjaan yang cocok jika kamu ingin menjadi seorang digital nomad seperti blogger, Youtuber, digital marketer, software developer, content writer, dan masih banyak lagi.

Profesi digital nomad ini berarti kamu memiliki kebebasan untuk bekerja dari mana saja. Yang terpenting adalah kamu harus memiliki akses Wi-Fi yang bagus dan perangkat yang memadai.

Berikut ini ada beberapa tips untuk menjadi digital nomad. Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Tantangan Terbesar Menjadi Seorang Specialist

1. Cari pekerjaan yang cocok

 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa pekerjaan yang memang cocok dengan digital nomad karena bisa dengan mudah dilakukan meski tidak dari kantor. Jika bingung harus mulai dari mana, kamu bisa mencoba menjadi freelancer terlebih dahulu.

Kamu juga bisa mulai mencari kesempatan kerja full-time yang remote. Jadi, temukan perusahaan yang memang tak mewajibkanmu datang ke kantor sehingga bisa bekerja dari mana saja. Karena fleksibilitas kantor ini, kamu bisa bebas pergi ke manapun yang diinginkan dan bekerja dari sana.

2. Mengajukan kerja remote pada perusahaan

Meski sudah banyak yang kembali bekerja di kantor, sekarang perusahaan sudah makin terbiasa dengan adanya remote working. Cara lain untuk menjadi digital nomad adalah meminta pada perusahaan untuk diperbolehkan kerja dari jarak jauh.

Coba ajukan pada perusahaanmu untuk menjadi full-time remote worker. Jadi, kamu tetap pegawai penuh waktu, hanya saja tak bekerja di kantor secara fisik (WFO).

Baca juga : 3 Tips Menjadi Personal Assistant Yang Profesional

3. Mulai bisnis online

 

Bisnis ini harus bisa secara penuh dipantau secara digital. Seperti menjadi freelancer, tentunya pilihan ini membuat pendapatanmu tidak begitu pasti setiap bulannya.

Akan tetapi, kamu benar-benar memiliki kebebasan untuk mengatur segalanya. Pasalnya, ini adalah bisnis milikmu sendiri dan kamu tak harus mengejar deadline untuk mendapat penghasilan.

Itulah dia beberapa tips untuk menjadi seorang digital nomad, menarik bukan? Selain itu, kamu juga harus mulai menentukan lokasi untuk mengerjakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu itu ya!

Sekian artikel ini, semoga membantu. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 3 Tips Menjadi Karyawan Berprestasi Di Kantor


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar