Perhatikan 3 Tanda Gagal Interview Kerja Ini
Siker.id | 24 Jun 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Rekrutmen adalah tahap dimana perusahaan mencari seorang kandidat yang tepat untuk menjadi karyawan. Salah satu tahap dari rekrutmen yaitu interview atau wawancara. Saat tahap interview, memang rekruter tidak memberitahu secara langsung lolos atau tidaknya seorang kandidat.

Ternyata saat interview pun bisa terlihat tanda-tanda dari lolos atau gagalnya suatu tahapan. Lalu, apa saja tanda-tandanya apabila kamu mengalami gagal saat interview kerja? Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Hal yang Perlu Dihindari saat Interview Kerja

1. Interviewer tidak menunjukkan ketertarikan padamu

Interviewer akan tersenyum, menganggukkan kepalanya, dan menunjukkan minatnya terhadap apa yang kamu sampaikan. Jadi, jika pewawancaramu terlihat tidak bersemangat atau menunjukkan minatnya saat bertanya, bisa jadi wawancaramu tidak berjalan dengan lancar. Kemungkinan besar, ini terjadi karena jawaban yang kamu berikan saat interview tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

2. Interviewer menyampaikan kekhawatiran mereka kepadamu

Kekhawatiran ini juga mungkin terkait dengan jawaban yang kamu berikan saat wawancara. Jika interviewer-mu menyampaikan hal ini, artinya mereka memberikanmu kesempatan untuk memberikan informasi tambahan. 

Jadi, manfaatkanlah kesempatan ini sebaik-baiknya. Kalau tidak, kecil kemungkinanmu untuk dipanggil mengikuti tahapan rekrutmen selanjutnya atau mendapatkan offering letter.

Baca juga : 3 Pertanyaan Interview HRD yang Menjebak

3. Interview berlangsung singkat

 

Meskipun wawancara umumnya tidak memiliki batas waktu, ini bisa terjadi jika mereka melihat kualifikasimu tidak sesuai dengan kebutuhan posisi yang kamu lamar. Kamu mungkin bisa menyadari bahwa wawancara tampak lebih singkat dari biasanya atau tidak cukup lama untuk mendiskusikan hal-hal penting seperti skills dan pengalamanmu secara rinci.

Jika interview berlangsung lebih singkat dari yang dijadwalkan, kemungkinan besar mereka tidak berminat untuk melanjutkan proses rekrutmenmu.

Nah, itulah dia beberapa tanda jika kamu gagal saat interview kerja, selain itu rekruter juga tidak akan memberikan informasi tahapan apa selanjutnya setelah melakukan interview. Jika sudah begini, kamu jangan patah semangat ya!

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Tips Membalas Email Panggilan Interview


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar