3 Jenis Penalaran Bantu Kamu Memilih Keputusan
Siker.id | 25 Jun 2022 12:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Kemampuan penalaran merupakan salah satu hal yang harus dimiliki setiap pekerja, bahkan ada banyak jenis yang bisa digunakan untuk beragam situasi. Kemampuan penalaran ini membantumu dalam menentukan keputusan penting, sehingga kamu bisa mencapai kesuksesan dalam karir.

Nah, berikut ini beberapa jenis penalaran yang kamu gunakan dalam memilih atau membuat sebuah keputusan. Simak dibawah ini.

Baca juga : Berikut 5 Cara Mengambil Keputusan yang Tepat

1. Sebab akibat

 

Penalaran sebab akibat adalah penalaran yang menunjukkan hubungan dari dua kejadian. Jenis penalaran ini digunakan untuk mengetahui apa yang mungkin akan terjadi jika suatu hal dilakukan dan apa penyebab dari terjadinya suatu hal. Salah satu manfaat dari penalaran ini adalah membuat argumenmu lebih dapat dipercaya oleh orang lain.

Baca juga : Berikut Kiat Mengambil Keputusan Secara Cepat

2. Komparatif

 

Penalaran komparatif adalah penalaran yang membandingkan pentingnya suatu kejadian, benda, atau ide dengan hal lain. Beberapa contoh pengaplikasian penalaran komparatif adalah sebagai berikut.

  • membandingkan masa lalu dengan masa sekarang
  • membandingkan hasil yang didapatkan dengan hasil yang diinginkan
  • melakukan perbandingan terhadap skills yang dimiliki kandidat yang melamar kerja
  • membandingkan hasil pekerjaan yang dilakukan dengan ekspektasi yang diberikan

3. Kriteria

Penalaran kriteria adalah jenis penalaran yang melibatkan penjelasan seputar spesifikasi sebuah objek.mDi mana, nantinya kamu akan membuat penilaian dan keputusan berdasarkan batasan yang terdapat dalam spesifikasi tersebut.

Menentukan kriteria juga dapat meningkatkan validasi sebuah argumen dengan adanya batasan yang dimiliki kriteria tersebut, terlebih yang dapat memengaruhi suatu outcome.

Itulah dia beberapa penalaran yang bisa kamu gunakan dalam menghadapi berbagai situasi, selain itu kamu juga bisa menggunakan penalaran seperti berpikir kritis, dimana kamu akan berpikir lebih rasional untuk mendapatkan sebuah solusi.

Sekian artikel ini, jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 Hambatan Perusahaan dalam Mengambil Keputusan


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar
Pencarian