5 Tips Menerapkan Goal Oriented
Siker.id | 25 Jun 2022 09:00


Bagikan ke
Ilustrasi gambar (freepik/siker.id)

siker.id - Goal oriented merupakan suatu kondisi dimana seseorang berfokus untuk meraih atau menyelesaikan tugas spesifik agar mendapatkan hasil yang sudah direncanakan sebelumnya. Karyawan yang memiliki kualitas goal oriented ini akan membantu untuk memberikan performance dan potensi terbaiknya dalam pekerjaan.

Goal oriented tidak hanya dimiliki oleh seseorang, tetapi suatu organisasi juga bisa memiliki kualitas ini dan menggunakannya guna mencapai misi yang sudah mereka tentukan. Nah, berikut ini ada beberapa tips dalam menerapkan goal oriented. Simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Tips Menentukan Tujuan dalam Bekerja

1. Uraikan goals besar menjadi tindakan-tindakan yang lebih kecil

 

Manajemen biasanya akan memberikan goals bersamaan dengan deadline-nya. Sesudah menerima informasi tersebut, kamu bisa mencoba untuk menguraikan goals menjadi beberapa fase.

Dari setiap fase yang sudah kamu urai tadi, buatlah penjabaran aksi-aksi kecil yang perlu diupayakan. Cara ini bisa membantu kamu dalam mengatur tugas harianmu agar sesuai dengan goals utama yang diberikan oleh manajemen.

2. Atur waktumu

Supaya goals utama bisa tercapai, kamu perlu mengatur waktu agar dapat menyelesaikan setiap aksi-aksi kecil yang sudah kamu uraikan tadi. Ada baiknya untuk membuat kalender kerja, to do list, dan reminder agar semuanya bisa terlaksana dan dapat lacak progresnya.

Baca juga : 4 Alasan Pentingnya Menerapkan Budaya Organisasi

3. Atur berdasarkan prioritas

Sesudah membuat rencana harian, mingguan, dan bulanan, kamu sebaiknya mulai membuat prioritas mana pekerjaan yang harus segera diselesaikan terlebih dulu. Mengerjakan tugas berdasarkan skala prioritas urgensinya akan cukup membantu flow kerja.

4. Coba strategi efisiensi waktu

Agar tetap produktif, kamu bisa menerapkan strategi efisiensi waktu dalam setiap pengerjaan tugas. Sebaiknya, kamu menyelesaikan tugas-tugas yang ringan terlebih dahulu sebelum mengerjakan tugas-tugas berat. Jangan lupa ya mengambil waktu untuk beristirahat, karena itu bisa menjaga tingkat produktivitasmu.

5.Lacak progres secara berkala

 

Lacak progres dari pekerjaan-pekerjaan yang sudah kamu lakukan secara berkala. Kamu bisa melakukan pelacakan progres di akhir-akhir jam kerja setiap harinya. Setelah mengetahui progres, evaluasi lagi langkah-langkah seperti apa yang perlu kamu ambil agar goals semakin dekat dan dapat dicapai.

Itulah dia beberapa tips untuk menerapkan goal oriented, selain itu jangan lupa juga bangun kebiasaan produktif dan menjaga tubuh serta mental. Tubuhmu harus tetap diperhatikan dengan memberikan asupan makanan yang bergizi tentunya.

Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Jika ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Baca juga : 4 hal yang Diperhatikan dalam Menerapkan Job Sharing


Editor: Maya Indra Purnamasari -

0     0    

Komentar